Gerak Jalan Sehat Merayakan HUT RI di Desa Polengan


JSDP9Kemerdekaan Republik Indonesia adalah milik segenap bangsa Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, masyarakat pedesaan juga sangat antusias dalam merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 tahun ini. Perayaan kemerdekaan di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang tahun ini dipuncaki dengan penyelenggaraan acara gerak jalan sehat yang melibatkan semua unsur masyarakat dan perangkat desa pada hari Minggu, 30 Agustus 2015.

Semenjak pagi hari, masyarakat telah berbondong-bondong menuju lapangan balai desa setempat. Tua-muda, laki-perempuan, anak-dewasa, pemuda-pemudi, pakde-mbokde, paklik-bulik, bahkan mbah kakung–mbah putri, semua tumpah ruah memadati lapangan balai desa yang menjadi tempat start sekaligus finish gerak jalan sehat pagi itu.

Megan, Irul, Deni, Mia, Bilqis dan anak-anak lainnya tampak semangat untuk jalan santai. Kang Slamet, Kang Panut, Kang Suradi, Lik Paijo, Lik Haryo, Mbah Tukijo, Pak Amat, Pak Dulsukur, Pak Kamto bahkan Mbah Darmo sangat antusias untuk berpartisipasi dalam lomba. Yono, Heri, Uud, Darsono, Sutris, Panjul, dan para barisan pemuda selaku panitia penyelenggara juga telah siap dan sigap semenjak pagi hari dalam mempersiapkan kelancaran acara. Demikian halnya dengan kaum ibu para penggerak PKK, mereka juga sibuk menyiapkan diri untuk gerak jalan dan memeriahkan lomba hias tumpeng, dan stand ekspo dagangan kuliner rumah tangga. Sebagian diantaranya selalu siap sedia manggung dalam paduan suara ibu-ibu yang menyanyikan berbagai lagu perjuangan untuk turut menyemangati peserta gerak jalan.

JSDP47

JSDP1 JSDP8

Dalam sambutan pembukaan, Nur Widodo, Kepala Desa Polengan mengungkapkan, “Pelaksanaan lomba gerak jalan sehat Desa Polengan dalam rangka Perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini merupakan penyelenggaraan untuk yang kedua kalinya. Meskipun merupakan bentuk perlombaan, namun gerak jalan ini tidak ingin mencari pemenang. Semua peserta yang mengikuti gerak jalan dari start hingga finish adalah pemenang sejati yang mampu menundukkan diri sendiri. Hal yang terpenting dalam acara ini di samping mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga supaya badan sehat, adalah memupuk semangat perjuangan yang diwariskan oleh para pahlawan kemerdekaan dalam rangka membangun masa depan Desa Polengan. Selain itu bagaimana melalui acara ini semakin terbina kebersamaan, keguyuban, gotong royong dan semangat paseduluran diantara sesama warga Desa Polengan yang membawahi Dusun Polengan, Kronggahan, Gejayan, Babadan, Nglembar, serta Gowok.”

Tepat pukul 07.30 WIB bendera start dikibarkan sebagai penanda dimulainya gerak jalan sehat. Rute lomba menyusuri sepanjang jalan utama yang melintasi semua padukuhan yang ada, dengan keseluruhan jarak tempuh sekitar 3 km. Dari balai desa, peserta menyusuri jalan menuju Gowok, selanjutnya menuju pos pertama di Dusun Nglembar. Di pos tersebut para peserta mendapatkan kupon untuk nantinya ditukar di pos ke dua. Dari Nglembar, peserta menapaki jalan melintasi Babadan menuju pos ke dua di Gejayan. Di sinilah kupon harus ditukarkan dengan kupon pengundian doorprise yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

JSDP17 JSDP18

JSDP19

Dari posko dua di Gejayan, peserta mulai nampak sedikit lelah karena telah menempuh perjalanan sekitar 2 km. Namun demikian, iringan drumb band MTs Muhammadiyah Srumbung yang memimpin barisan di depan kemudian selepas melalui Gejayan menjadikan semangat peserta bangkit lagi untuk sesegara mungkin mencapai garis finish. Melalui jalanan Dusun Kronggahan dan Polengan, akhirnya peserta lomba tiba kembali di balai desa yang merupakan titik finish lomba gerak jalan sehat tersebut.

Kedatangan peserta lomba nampak meriah dan gegap gempita dengan iringan barisan drumb band dengan berbagai aksi nomor lagu yang dibawakannya. Para peserta lomba nampak lega telah mencapai titik akhir perlombaan. Memang sebagaimana ditegaskan Kepala Desa Polengan bahwa dalam lomba tersebut tidak ada juara maupun pemenang secara perorangan, tetapi setiap peserta lomba mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih dooprise berdasarkan undian terhadap kupon yang diambil di posko dua sebelumnya. Tak tanggung-tanggung hadiah utama berupa kulkas, dua buah angkong, dispenser, blender, magic jar, serta satu lemari baju telah menanti di atas panggung. Di samping itu masih terdapat ratusan ragam hadiah hiburan, mulai dari gayung, toples, handuk, baju, arit, golok, cangkul, tikar, sepatu boot, alat semprot, tudung saji, ember, tromos, setrika, jam dinding, dan berbagai barang lain. Total hadiah yang ada senilai kurang lebih Rp. 23.000.000,- yang berasal dari berbagai donatur dan sponsor, termasuk dari mahasiswa KKN UMY Yogjakarta.

JSDP14 JSDP16

JSDP13 JSDP10

Sambil melepas lelah dan menunggu pengundian hadiah, masyarakat disuguhi pertunjukan hiburan, mulai dari paduan suara ibu-ibu PKK Desa Polengan, aneka tarian dari siswa SD Polengan, serta alunan musik organ tunggal dari Magelang.

Dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah dari berbagai lomba tingkat desa yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70. Ada lomba khusus anak-anak, seperti lomba wudlu, adzan, dan sholat, Ada berbagai pertandingan olah raga antar pemuda, seperti badminton, bola volley, gobak sodor, serta tenis meja. Ada pula lomba hias nasi tumpeng, rias wajah, dan ekspo antar dusun. Masing-masing warga dari berbagai dusun nampak bersorak riang tatkala nama dusun mereka disebutkan sebagai pemenang dalam berbagai lomba. Dari raut muka dan teriakan yang menggema nampak sekali rasa bangga atas prestasi dusunnya masing-masing.

JSDP37 JSDP38

JSDP28 JSDP43

JSDP41 JSDP42

Satu per satu hadiah hiburan diundi berdasarkan nomor undian yang tertera pada kupon doorprise yang dipegang masing-masing peserta lomba gerak jalan sehat. Ratusan hadiah hiburan menjadikan setiap warga yang berkumpul berharap-harap cemas ingin mendapatkan satu diantaranya. Setiap pembacaan nomor undian, nampak para warga berdebar-debar mencocokkan dengan nomor pada kupon yang dipegangkan. Apabila nomor kupon yang dibacakan cocok, langsung nampaklah wajah yang sumringah dan dengan tergopoh-gopoh yang bersangkutan langsung semangat melangkah menuju panggung utama. Meski hanya mendapat gayung atau arit, namun ada kegembiraan sejati yang tersirat, ada rasa syukur yang terungkap, dan tentu saja ada kebanggaan serta keharuan tersendiri.

JSDP44 JSDp45

JSDP51 JSDP53

JSDP49

JSDP55 JSDP56

JSDP54 JSDP57

Inilah semangat kebersamaan yang tidak merendahkan satu sama lain, meskipun satu pihak menjadi pemenang lomba namun pihak yang lain dapat dengan legowo menerima kekalahan dengan penuh sportivitas. Berbagai lomba dan pertandingan hanyalah sebagai sebuah sarana dan alat untuk saling bertegur sapa, saling memacu semangat berprestasi untuk menjadi yang lebih baik dan yang terbaik, untuk saling bersama dalam persaudaraan, dan pastinya merekatkan tali silaturahmi diantara sesama warga Desa Polengan. Dengan acara semacam ini diharapkan persatuan dan kesatuan semakin terbina dengan erat sebagai aset utama untuk melaksanakan pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat Polengan yang lebih maju, sehat, sejahtera, serta bahagia lahir dan batin.

Ngisor Blimbing, 4 September 2015

Foto-foto dari FB Polengan

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Nusantara dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s