Gardens by the Bay, Taman Hijaunya Singapura


EMPAT HARI TIGA MALAM DI SINGAPURA (4)

Sebagai sebuah negara kota dan negara pulau yang tidak lebih luas dari 100 km2, tentu saja sebagian besar wilayahnya berupa lahan hunian yang ditaburi dengan berbagai bangunan. Area hijau terbuka berupa hutan, hanya tersisa di beberapa titik seperti Bukit Timah yang memang difungsikan sebagai hutan lindung dan konservasi. Namun demikian, di tepian Marina Bay telah dibangun sebuah area terbuka hijau yang sengaja dirancang sebagai sebuah taman terbuka dengan berbagai jenis tanaman dari seluruh penjuru dunia. Selain memerankan fungsi utama sebagai paru-paru kota baru, taman ini sekaligus menjadi tempat tujuan wisata dan pendidikan. Inilah Gardens By the Bay.

GBB4

Gardens by the Bay merupakan taman buatan dengan tata arsitektur yang sangat mengesankan. Taman ini berlokasi di sisi timur gedung Marina Bay Sands. Taman dengan luas puluhan hektar ini dapat diakses dengan MRT jalur Downtown (DT) melalui stasiun Bayfront. Untuk menikmati suasana taman dengan berbagai jenis koleksi tanamannya, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja beberapa atraksi maupun tempat tertentu dikenakan tiket.

Keluar dari stasiun Bayfront, pengunjung dapat langsung memasuki area taman. Di jalur yang sekaligus menjadi jembatan penghubung menuju gedung Marina Bay Sands, pengunjung akan terpandu untuk menikmati sambutan kesejukan air mancur yang terdapat di telaga capung dimana di tengahnya terdapat air mancur megah dengan beberapa patung capung raksasa yang terbuat dari stainless steel. Di sini tersuguhkan pemandangan sisi depan Gardens by the Bay dengan latar beberapa pohon raksasa buatan yang dihubungkan dengan skybridge dan menampilkan atraksi permainan lampu warna-warnia tatkala malam hari. Di pelataran ini pula pengunjung dapat berfoto ria dengan latar belakang gedung Marina Bay Sands lengkap dengan tiga menara gedung bermahkota skypark berbentuk kapal selam di puncaknya.

GBB1

GBB2 GBB3

Untuk memasuki area Gardens by the Bay, pengunjung dapat melalui sebuah jembatan penghubung yang langsung menuju Malaya Gardens, terus China Gardens, dan India Gardens. Masing-masing area tersebut merupakan area yang dikhususkan menempatkan koleksi tanaman dari masing-masing negara. Demikian halnya area sekelilinh di tepian taman merupakan koleksi tanaman dari berbagai wilayah, mulai taman Australia, taman Afrika Selatan, taman Amerika Selatan, taman Kalifornia, jug ataman Mediterania.

Tepat di tengah area Gardens the Bay berdiri beberapa supertrees yang merupakan pohon raksasa buatan. Pada beberapa pohon utama, masing-masing saling terhubung dengan jembatan skyway setinggi 22 meter. Melalui lift pada salah satu pohon, pengunjung dapat menaiki skyway tersebut dan menikmati seluruh penjuru Gardens the Bay, bahkan sebagian landskap pemandangan kota Singapura di sisi daratan. Semua sensasi luar biasa yang jarang bisa dinikmati di tempat lain. Untuk menaiki skyway tersebut pengunjung dikenakan tiket seharga S$5 untuk dewasa dan S$3 untuk anak-anak.

GBB6 GBB7

GBB5

Di samping menikmati berbagai koleksi tanaman di taman luar, di area Gardens by the Bay juga terdapat dua buah dome atau kubah rumah kaca raksasa yang di dalamnya terdapat koleksi berbagai tanaman dari daera beriklim sedang hingga dingin dan koleksi tanaman dari hutan hujan tropis yang lembab. Keberadaan kubah rumah kaca memang untuk mengkondisikan temperatur dan iklim agar tanaman dapat tumbuh dengan baik sebagaimana di habitat aslinya. Tentu saja untuk memasuki kubah rumah kaca tersebut pengunjung dikenakan biaya masuk.

Selain menikmati kesejukan suasana alam hutan, di senja hingga malam hari Gardens by the Bay juga menyuguhkan moonlight adventure, suatu sensasional pemandangan hutan hijau berpadu dengan atraksi cahaya lampu warna-warni. Hal ini tentu saja menjadikan suasana taman yang sangat berbeda dan unik, dibandingkan suasana pada saat terang benderang matahari di siang hari. Untuk menikmati petualangan malam nan khas yang disertai dengan panduan berkeliling taman selama kurang lebih 3 jam, pengunjung dikenakan tiket sebesar S$43 untuk dewasa dan S$33 untuk anak-anak.

GBB10

GBB9

Ada satu lagi sajian yang secara temporal diadakan di Gardens by the Bay. Tepat di pusat taman, di bawah kemegahan supertrees terdapat area lapangan berumput yang cukup luas. Lapangan ini pada waktu-waktu tertentu dipergunakan untuk berbagai pertunjukan seni. Bahkan pada hari-hari biasapun sering beberapa kelompok seniman mengadakan latihan-latihan menari dan bernyanyi yang menambah semarak suasana.

Untuk dapat mengeliling area Gardens by the Bay secara keseluruhan tentu dibutuhkan waktu lebih dari satu hari penuh. Di samping melelahkan, berjalan keliling tentu juga memakan banyak waktu. Akan tetapi pengunjung tidak perlu khawatir, di taman ini pengelola telah menyediakan fasilitas kendaraan keliling yang terdiri atas audio shuttle dengan tarif yang terjangkau.

GBB8

Dengan banyaknya fasilitas di area taman yang dibuka secara gratis untuk seluruh pengunjung, Gardens by the Bay merupakan salah satu destinasi wisata yang murah meriah di Singapura. Hal inilah yang menjadikan pengunjung senantiasa mengalir bagaikan barisan semut sejak taman dibuka di pagi hari mulai jam 07.00. Selain sekedar berjalan santai dan menikmati kesegaran serta koleksi tanaman yang ada, ada juga diantara para pengunjung yang mempergunakan area yang ada untuk berolah raga ringan, seperti jogging dan lari.

Berkunjung ke Singapura? Jangan lupa nikmati segala fasilitas yang mendekatkan kita kepada alam di Gardens by the Bay. Dijamin murah meriah dan lelah, tetapi segar lahir dan batin.

Ngisor Blimbing, 27 Agustus 2015

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Gardens by the Bay, Taman Hijaunya Singapura

  1. Ping balik: Lima Puluh Tahun Negeri Singapura | Sang Nananging Jagad

  2. Ping balik: Sensasi Kemegahan Marina Bay Sands | Sang Nananging Jagad

  3. Ping balik: Hikmat Sholat Jumat di Masjid Sultan Singapura | Sang Nananging Jagad

  4. Ping balik: Kabut: Kebat Kebit Balap F1 Singapura 2015 | Sang Nananging Jagad

  5. Ping balik: Children Garden at Marina by The Bay | Sang Nananging Jagad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s