Jelajah Murah Singapura dengan Singapore Tourist Pass


EMPAT HARI TIGA MALAM DI SINGAPURA (3)

Halte BusMekipun namanya jalan-jalan, tidak sepenuhnya kita harus benar-benar jalan kaki dong! Terlebih jika tempat-tempat yang ingin kita kunjungi pada saat jalan-jalan tersebut lumayan jauh. Tentu saja bila kita benar-benar jalan kaki akan memakan waktu lama dan sudah pasti sangat melelahkan. Terlebih di Singapura Bro! Meskipun Negara ini sungguh sangat kecil jika dibandingkan Indonesia, tetapi sebagai sebuah kota, Singapura masih seluas Jakarta. Paling tidak 100 km persegi lah.

Oleh karena itu sudah sangat wajar jika kemudian untuk jalan-jalan menjelajahi kota singa ini kami memilih untuk menggunakan sarana transportasi umum yang ada menuju titik terdekat tujuan jalan-jalan kami. Di Singapura, sistem transportasi massal sudah sangat maju dan tertata. Satu dengan lain jaringan sudah terintegrasi sehingga sangat nyaman dan bisa diandalkan dari segi ketepatan perjalanan. Ada dua pilihan kendaraan umum, tinggal memilih bus kota atau kereta api yang lebih dikenal sebagai MRT (Mass Rapid Transportation). Di samping itu ada pula pilihan taksi yang pastinya sedikit lebih mahal.

Untuk dapat menikmati layanan transportasi umum, tentu saja setiap penumpang sebagai pengguna jasa akan dikenakan tarif. Besarnya tarif tentu saja sangat bergantung jarak daripada tempat yang akan dituju. Semakin jauh jarak sudah pasti tariff yang dikenakan akan lebih mahal. Untuk dapat naik bus atau kereta, calon penumpang harus memiliki tiket.

Untuk penggunaan MRT, tiket dapat dibeli secara langsung melalui mesin layanan tiket yang ada di setiap sudut stasiun. Dari stasiun keberangkatan kita tinggal melihat peta jalur MRT yang ada kemudian memilih stasiun tujuan. Sejurus kemudian pada layar akan langsung muncul angka tarif yang dikenakan untuk sekali perjalanan tersebut. Ada pilihan berapa tiket yang ingin dibeli. Setelah menentukan jumlah tiket yang dibeli, langkah selanjutnya kita harus memasukkan uang ke dalam slot yang tersedia. Transaksi segera diproses dan tiketpun tercetak sesuai permintaan penumpang. Apabila ada uang kembalian, maka di sisi bawah mesin akan keluar uang kembalian sisa pembayaran kita.

Singapore MRT

MRT-map-Singapore-2014

Untuk penggunaan bus kota, calon penumpang hanya dapat menghentikan bus di halte yang telah ditentukan. Pada setiap halte bus ada papan petunjuk yang menginformasikan nama halte, nomor halte, dan nomor jalur-jalur bus yang melewatinya. Di halte tidak ada layanan penjualan tiket, baik yang dilayani orang maupun mesin tiket. Namun demikian, calon penumpang dapat langsung membayar tarif bus sesuai tujuan pada saat menaiki bus. Menunggulah dengan sabar dan jaga suasana ketertiban sekitar.

Pada saat bus datang, naiklah melalui pintu depan. Calon penumpang dapat langsung memberitahukan kepada sang sopir halte tujuannya. Dengan mesin transaksi yang ada, sopir langsung mengecek tarif dan memberitahukannya kepada calon penumpang. Calon penumpang harus membayar dengan cara memasukkan uang ke dalam mesin pembayaran yang tersedia. Pembayaran harus dilakukan dengan uang pas, karena tidak ada pengembalian uang sisa. Jika pembayaran sudah dilakukan, mintalah bukti pembayaran berupa tiket bus kita. Tiket ini sangat penting, karena apabila dilakukan operasi dan kedapatan penumpang tanpa tiket akan dikenakan denda yang sangat mahal. Nikmatilah suasana kota Singapura sepanjang perjalanan Anda.

Bus Singapura

Gambaran di atas sebenarnya hanyalah salah satu cara untuk menikmati transportasi umum di Singapura. Meskipun jika dibandingkan sistem angkot di Negara kita, sudah sangat maju dan rapi tetapi masih ada layanan lain yang lebih memudahkan penumpang dan berbiaya lebih murah. Seperti apakah layanan tersebut?

Jawabnya adalah sistem tiket menggunakan kartu! Ada dua pilihan kartu yang dapat dipergunakan masyarakat umum, bahkan bagi para turis dari luar Singapura. Kartu yang pertama disebut ez-Link. Kartu ez-Link merupakan money electronic (e-money) dimana kita dapat membeli kartu dan mengisikan sejumlah uang sebagaimana kita membeli pulsa untuk handphone. Pada saat akan naik MRT, kartu ez-Link dengan saldo yang mencukupi langsung ditap pada mesin yang ada di gerbang stasiun. Pada saat turun dari kereta, di gerbang keluar kartu tersebut juga harus ditap dan secara otomatis saldo uang akan dikurangi dengan tarif perjalanan yang dilakukan. Kartu ini juga dpat dipergunakan untuk naik bus kota dengan mentap kartu pada saat masuk dan keluar bus. Kartu ini dapat diisi ulang dan sangat efektif untuk penumpang yang tinggal lama ataupun warga Singapura.

Di samping kartu ez-Link, untuk memberikan layanan prima kepada turis asing yang berkunjung ke Singapura, pemerintah bahkan memberikan layanan kartu murah meriah yang sangat sesuai untuk orang yang hanya berkunjung ke Singapura untuk beberapa hari saja. Layanan kartu ez-Link spesial ini dikenal sebagai Singapore Touris Pass (STP). STP merupakan layanan kartu transportasi terintegrasi antara bus dan MRT. Dengan memegang kartu ini, kita dapat melakukan perjalanan ke seluruh Singapura dengan gonta-ganti berbagai kendaraan umum tanpa dikenakan biaya lagi.

EZ-LINK   stp-card

Ada tiga pilihan kartu STP, masing-masing berlaku untuk satu, dua, dan tiga hari. Pada saat kami berkunjung ke Singapura, tarif STP masing-masing S$10, S$16, dan S$20. Tarif tersebut masih ditambah dengan uang deposit sebesar S$10. Uang deposit dapat diuangkan kembali pada saat kartu telah habis masa pakainya. Dengan kartu STP, para turis dapat berjalan-jalan sepuasnya menikmati setiap sudut kota Singapura tanpa harus boros dengan pengeluaran transportasi. Kartu STP dapat dibeli di beberapa stasiun MRT utama, seperti Changi Airport, Ang Mo Kio, Bayfront, Bugis, City Hall, Farrer Park, Chinatown, Harbourfront, Jurong East, Orchard, Raffles Place, Somerset, dan Woodlands. Informasi lengkap mengenai STP dapat dilihat di http://www.thesingaporetouristpass.com.sg/

Pada saat kami datang pertama kali di Changi Airport, waktu sudah menunjukkan pukul 14.00. Pada saat memasuki stasiun MRT di Terminal 2, kami langsung mencari loket penjualan STP. Saat itu, kami membeli 3 STP untuk masa pakai tiga hari, sehingga membayar sejumlah S$90. Dengan STP inilah kami naik MRT Line EW (East West) atau jalur hijau menuju tempat penginapan. Sejenak beristirahat, kamipun langsung jalan-jalan meinikmati senja di Merlion Park menggunakan bus tanpa harus membayar lagi dengan menggunakan STP. Demikian selama tiga hari berikutnya, STP mengantarkan keluarga kecil kami beranjangsana menikmati tempat-tempat tujuan para turis di Singapura, seperti Gardens By the Bay, Masjid Sultan, Istana Kampung Gelam, Chinatown, Sentosa Island, Bugis Street, Little, dan beberapa tempat menarik lainnya.

Sungguh menikmat layanan Singapore Tourist Pass sangat meringankan kantong turis pas-pasan seperti kami. Lebih irit, hemat, murah-meriah, namun dapat puas mengelilingi negeri Singapura.

Ngisor Blimbing, 26 Agustus 2015

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jelajah Murah Singapura dengan Singapore Tourist Pass

  1. Ping balik: Menikmati Keteduhan Singapore Botanic Garden | Sang Nananging Jagad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s