Lima Puluh Tahun Negeri Singapura


EMPAT HARI TIGA MALAM DI SINGAPURA (1)

50 Singapura1Sama-sama merayakan HUT Kemerdekaan di bulan Agustus sebagaimana Indonesia, pada 9 Agustus 2015 ini negeri tetangga Singapura tengah memperingati 50 tahun kemerdekaannya setelah memisahkan diri dari Federasi Malaysia di tahun 1965. Ya, tahun ini digaungkan sebagai Tahun Emas Singapura. Maka diberbagai sudut kota akan banyak ditemukan bendera yang berkibar dengan semarak dan juga berbagai atribut, baliho, spanduk atau semacamnya yang menegaskan kegembiraan negeri pulau ini mencapai usia setengah abad.

Secara historis, pulau Singapura merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Sriwijaya. Bahkan pulau ini pada masa itu difungsikan sebagai pos keamanan pulau terluar. Pada saat itu Singapura lebih dikenal sebagai pulau Temasek yang dalam bahasa Jawa berarti “kota laut”. Selepas Sriwijaya surut, wilayah ini menjadi bagian dari Kasultanan Johor. Pada saat Portugis menguasai Malaka (1511), dua tahun berselang armada mereka membumi hanguskan pemukiman di pulau Singapura. Setelah itu pulau ini seolah tenggelam hingga masa kedatangan Inggris.

Pada awal tahun 1819, Letnan Gubernur Jenderal Thomas Raffles tiba di Singapura. Pada awalnya Inggris hanya ingin mengadakan kerja sama perdagangan dengan Kesultanan Johor, namun selepas Raffles, pihak Inggris mengadakan perjanjian dengan Sultan Hussein Shah dengan memberikan beberapa kompensasi untuk sepenuhnya menguasai pulau Singapura secara utuh.

Selepas masa Perang Dunia II, masyarakat Singapura menuntut adanya pemerintahan sendiri. Bersamaan dengan Malaysia, akhirnya Singapura diakui sebagai negara Federasi yang menggabungkan Malaya, Singapura, Sabah, dan Serawak pada tahun 1963. Hanya bertahan seumur jagung, Singapura merasa tidak sejalan dengan pemerintahan federasi dan memilih untuk merdeka pada 9 Agustus 1965 sebagai negara republik parlementer dengan Yushof bin Ishak sebagai presiden pertama dan Lee Kuen Yew menjadi perdana menteri.

Merlion Park1  Merlion Park2

Sentosa1

Masih dalam masa puncak gebyar 50 tahun Singapura, selama beberapa hari kami sekeluarga sempat “diperjalankan” untuk menikmati negeri termaju di Asia Tenggara tersebut. Beberapa tempat wisata utama sempat kami jelajahi, seperti Merlion Park, the Gardens By the Bay, Marina Bay Sands, Masjid Sultan, Istana Kampung Glam, China Town, Sentosa Island, Bugis Street, Little India, dan kawasan Orchard Street.

 

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Lima Puluh Tahun Negeri Singapura

  1. arista berkata:

    mantap… wes mulai keliling ASEAN 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s