Nikmat Sehat Yang Terlupa


Menurut petuah para bijak, ada dua kenikmatan yang seringkali terlupakan oleh manusia. Kedua nikmat tersebut terkadang baru terasa betapa sangat berartinya tatkala kita tidak menjumpainya. Nikmat apakah itu? Tidak lain dan tidak bukan, nikmat tersebut adalah ashikhatu ‘ala waktiha. Nikmat sehat dan waktu luang? Anda setuju dengan petuah para bijak tersebut?

Betapa kita setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik, setiap waktu senantiasa disibukkan oleh kegiatan duniawi. Kerja, kerja, dan kerja lagi. Terkadang kita bekerja hingga melupakan waktu. Banting tulang, kerja peras keringat, bahkan hidup-mati seolah tidak ada lagi kegiatan lain di luar kerja dan kerja. Dalam arti positif dan berimbang, tentu saja semangat kerja yang tinggi merupakan suatu kebaikan. Akan tetapi jika kerja keras yang dilakukan hingga melupakan banyak hal yang lain dan tidak berimbang, maka justru dampak negatif yang seringkali kita tuai. Bisa berupa stress, bisa berupa kelelahan jiwa raga, bahkan sakit. Nah tatkala sakit inilah baru kita sadari bahwa nikmat sehat itu terasa amat mahal harganya.

Pengalaman seorang sahabat yang memiliki atasan di tempat kerjanya dengan posisi deputi yang bisa dikatakan setingkat di bawah jabatan menteri. Mungkin karena tugas yang diembannya menuntut pencurahan seluruh waktu, tenaga, dan pikirannya, maka Beliau hampir tidak lagi memiliki waktu untuk memikirkan kesehatan badan atau raganya. Olah raga rutin yang dulu senantiasa dilakukan menjadi tidak sempat lagi dilakukan karena kesibukan yang tinggi. Demikian dengan pola makan yang kian sulit teratur dengan menu makanan sehat dan bernilai gizi seimbang. Ujung-ujungnya pejabat tersebut terdiagnosa menderita penyempitan pembuluh darah yang memicu penyakit jantung.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Alam dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s