Festival Cisadane 2015


Festival Cisadane1Kali Cisadane merupakan nama sebuah utama yang mengalir melintasi Kota Tangerang. Keberadaan alur sebuah sungai memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia. Dengan air sungai, semenjak dahulu kala manusia menggantung hidupnya. Air sangat berguna untuk berbagai hal. Untuk air minum, untuk mandi serta bebersih, untuk memelihara ikan hingga keperluan budidaya pertanian. Inilah yang menyebabkan semenjak manusia purba, perkembangan peradaban didominasi oelh masyarakat yang berdampingan dengan bantaran sungai. Tidak lain dan tidak bukan karena peranan air yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Bagi Kota Tangerang, Kali Cisadane merupakan salah satu ikon dan landmark kota yang sangat penting. Peranan kali ini telah tercatat sangat panjang dalam sejarah perkembangan Tangerang. Cisadane bahkan telah menjadi salah satu urat nadi penopang penghidupan perekonomian sebagian warga kota. Tidak mengherankan jika perjalanan yang sangat panjang tersebut telah menghadirkan tradisi, seni, dan budaya adiluhung dengan berbagai nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya.

Seiring dengan derasnya terpaan arus globalisasi dewasa ini, nilai kearifan lokal merupakan sebuah benteng jatidiri yang akan menentukan identitas sebuah bangsa. Dengan demikian nilai-nilai luhur tersebut harus senantiasa dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda, bahkan sejak anak-anak. Dalam rangka inilah, berkaitan dengan keberadaan dan peranan Kali Cisadane sebagai salah satu benteng pertahanan arus globalisasi bagi warga Kota Tangerang, maka Pemerintah Kota Tangerang secara rutin menggelar acara Festival Kali Cisadane. Termasuk untuk tahun 2015 ini.

Festival Cisadane kali ini diselenggarakan lebih awal daripada agenda pada tahun yang sudah-sudah berkenaan dengan akan segera tibanya bulan Ramadhan. Festival Cisadane 2015 digelar dari 23-30 Mei 2015. Sebagaimana biasanya pelaksanaan festival dipusatkan di sepanjang bantaran Kali Cisadane di Jalan Benteng Jaya. Adapun agenda andalan masih tetap menampilkan aneka lomba perahu dengan unggulan utama adalah lomba perahu naga tingkat Asia Tenggara.

Festival Cisadane2Pembukaan Festival Cisadane 2015 telah dilaksanakan pada Sabtu, 23 Mei 2015. Semenjak pagi hari berbagai acara pendahuluan telah digelar. Acara pembukaan secara resmi oleh Wali Kota Tangerang dimulai pada pukul 15.30. Gelar pembukaan festival dimeriahkan dengan pawai atau karnaval puluhan perahu yang memenuhi Kali Cisadane. Ada perahu pemadam kebakaran yang membuka barisan dengan semprotan air mancur raksasanya. Ada perahu pembawa liong alias naga. Ada perahu pembawa barongsai. Ada perahu pembawa warga engan aneka ragam pakaian adat dari seluruh Nusantara. Ada pula deretan perahu peserta dari berbagai perusahaan di Kota Tangerang yang turut memeriahkan karnaval. Sore hingga senja tersebut, ribuan masyarakat Tangerang dan para pendatang berbaur dengan berderet di sepanjang bantaran Kali Cisadane. Suasana nampak sangat meriah dan penuh kegembiraan.

Di samping sajian utama berbagai lomba yang dilaksanakan di Kali Cisadane, di sepanjang Jalan Bneteng Jaya juga dipenuhi dengan ribuan stand. Mulai stand perwakilan kantor pemerintahan yang ingin lebih mendekatkan diri dan bersosialisasi berbagai program pemabangunan kepada masyarakat, juga stand dari setiap kecamatan di wilayah Kota Tengara, hingga stand dari berbagai pengusaha yang turut memanfaatkan keramaian festival untuk lebih menggerakkan roda bisnisnya. Keberadaan stand-stand tersebut akan memuaskan para pengunjung untuk menikmati berbagai sajian, mulai dari kuliner makanan khas, berbagai permainan tradisional, pentas seni budaya, hingga aneka macam kebutuhan masyarakat.

Festival yang akan berlangsung selama sepekan penuh ini akan dipenuhi dengan berbagai acara yang sangat menarik. Ada acara lomba perahu naga, lomba perahu dayung, lomba gethek, pentas lenong, pentas band, hingga pentas wayang golek dan wayang kulit. Belum pernah menghadiri acara Festival Cisadane? Monggo sekali-sekali disempatkan hadir dan nikmati acaranya.

Ngisor Blimbing, 24 Mei 2015

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Budaya dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s