Sop Snerek, Menu Spesial Khas Magelang


Senerek1Tidak semua hal peninggalan bangsa penjajah selalu jelek bagi bangsa yang pernah dijajahnya. Pernah mendengar kata senerek? Konon senerek berasal dari kesleonya lidah wong Jowo ketika menyebutkan kata snert. Snert dalam bahasa Belanda berarti kacang polong hijau. Jenis kacang ini dimasak menjadi menu snert soup untuk menghangatkan badan pada musim dingin. Menu ini turut dibawa ke Nusantara pada saat tuan-tuan menir dan noni-noni Belande menjajah negeri kita.

Adalah Magelang, sebuah kota yang sengaja dirancang untuk mendidik calon militer Belanda. Di Kota Tentara pada dataran tinggi yang beriklim sejuk ini para Bule Londo tersebut tentu saja merasa kangen dengan menu sajian di kampung halaman Holand. Mereka teringat snert soup, maka dikenalkanlah sop istimewa ini dalam sajian-sajian menu keseharian maupun di kala pesta dansa-dansi para noni. Menu snert soup dibuat dari kacang polong rebus yang dipadukan dengan irisan daging babi lengkap dengan kuah kaldunya, ditambah dengan irisan kentang, wortel, dan bawang bombai.

Lambat laun, tentu saja melalui juru masak warga pribumi, terjadilah pribumisasi menu snert soup tersebut. Ketiadaan kacang polong sebagaimana yang banyak terdapat di wilayah Holand digantikan dengan kacang merah. Unsur daging dan kaldu babi yang haram bagi sebagian besar wong Jowo yang menganut Islam diganti dengan daging dan kaldu sapi atau ayam. Kata snert-pun dilipat dengan lidah Jawa menjadi senerek. Maka kacang merah dengan bintik-bintik merah tua hingga merah marun disebut sebagai kacang senerek.

Senerek2Secara lengkap dalam menu sop senerek, di samping tentu saja unsur kacang senerek, sop ini dilengkapi dengan irisan atau suwiran daging. Kita dapat memilih antara daging sapi atau daging ayam sesuai dengan selera masing-masing. Menemani daging, hadir pula rebusan daun bayam hijau, irisan wortel dipadu dengan gurih dan harumnya bawang merah goreng yang digelar sepapan di atas hamparan nasi putih yang menggugah citarasa. Semua komposisi nasi sop senerek direndam dalam kuah kaldu gurih yang akan semakin memancing selera bersantap kita. Hidangan mantap ini semakin terasa menggigit lidah karena dihadirkan dari proses masak yang sepenuhnya menggunakan perapian kayu bakar yang menambah sensasi rasa alami. Ah, tentu saja rasane makyuss habis wis!

Sop kacang senerek kini menjadi menu kuliner khas Kota Magelang. Diantara warung makan penjual sop senerek, adalah warung senerek Bu Atmo merajai menu ini di Magelang. Tidak saja bagi masyarakat lokal Magelang, senerek Bu Atmo sudah kondhang-kaloka alias terkenal hingga ke luar daerah. Jangan merasa pernah singgah atau pergi ke Kota Magelang jika belum sempat merasakan nikmatnya sajian sop senerek Bu Atmo.

Senerek3  Senerek4

Penasaran dengan warung senerek Bu Atmo, monggo mampir di bilangan deretan warung yang berada di Jalan Mangkubumi, kawasan Jendralan, Kota Magelang. Tidak sulit menemukan lokasi tempat ini karena keberadaannya sangat dekat dengan Gedung Eks Karesidenan Kedu yang memiliki nilai sejarah sebagai tempat dilakukaknnya perundingan antara Pangeran Diponegoro dan Jenderal de Kock yang mengakhiri Perang Jawa (1825-1830).

Bu AtmoWarung Bu Atmo buka melayani para penggemar sop senerek khusus pada jam pagi hingga sore hari, biasanya antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Makan kenyang, penuh paduan protein nabati dan hewani yang berimbang, menjadikan sop senerek sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai hidangan pendukung, disajikan pula lauk-pauk berupa tempe bawang goreng, tahu bacem, sate usus dan jeroan, plus krupuk yang mak kriuk. Hidangan semakin lengkap jika ditemani srutupan es beras kencur yang seger meger-meger. Menu ini akan paling cocok untuk bersantap di kala gerahnya suasana tengah hari.

Di samping menu utama sop senerek, di warung Bu Atmo juga menyediakan menu lain, seperti nasi rames, brongkos dan gudeg. Semua hidangan dimasak secara tradisional menggunakan perapian dari kayu bakar yang alami. Tindak Magelang, atau sempat singgah, bahkan sekedar lewat Magelang, jangan pernah ragu untuk menikmati sajian khas sop senerek di Warung Bu Atmo Kawasan Jendralan. Monggo sedoyo!

Senerek5Ngisor Blimbing, 8 September 2014

Warung Sop Serenek Bu Atmo
Jl Mangkubumi No 3 Magelang Jawa Tengah 085868201616

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Magelangan dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sop Snerek, Menu Spesial Khas Magelang

  1. nikitomi berkata:

    kalau ditambah photo pasti ngiler aku. sadappp! 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s