Istana Schonbrunn Nan Anggun


Menikmati eksotika sejarah Kota Vienna tidaklah lengkap jika tidak mengunjungi Schloss Schonbrunn alias Istana Schonbrunn. Istana ini konon dulunya merupakan tempat peristirahatan musim panas bagi keluarga Kekaisaran Habsburg yang menguasai Austria-Hongaria.

Schonbrunn1Maria Theresa merupakan Ratu Austria yang sangat ambisius untuk menjadikan negerinya bermartabat dan disegani di kalangan kerajaan-kerajaan yang ada di daratan Eropa kala itu. Keanggunan dan wibawa Sang Ratu konon bahkan melebihi Francis Stephen, sang suami yang memegang pemerintahan. Dari ketiga belas putera-puteri Ratu Maria Theresa, satu diantaranya bernama Puteri Marie Antoinette. Sang puteri inilah yang kemudian diperistri oleh Putera Mahkota Kerajaan Prancis.

Tidak ingin dipandang sebelah mata oleh kerajaan besan yang memiliki kemegahan dan keindahan Istana Versailles, Maria Theresa menggagas renovasi pesanggrahan Schonbrunn menjadi istana yang eksotis sebagaimana yang kini masih dapat dinikmati oleh siapapun yang mengunjungi Vienna.

Schonbrunn2

Schonbrunn4       Schonbrunn3

Kompleks Istana Schonbrunn terletak di sisi barat daya pusat Kota Vienna. Dari kawasan pusat kota, istana terbesar di Austria tersebut dapat dijangkau dengan berbagai mode transportasi. Jika mempergunakan kereta api bawah tanah, Schonbrunn dapat dicapai menggunakan kereta U-4 dan turun di stasiun Schloss Schonbrunn. Keluar dari sisi selatan stasiun, pengunjung dapat langsung melintasi sebuah area parkir, menyeberangi jalan, dan segera akan bertemu sebuah trotoar sepanjang sisi selatan yang akan membawa menuju gerbang pintu utama Istana Schonbrunn.

Memasuki gerbang istana yang megah, pengunjung akan menapaki sebuah alun-alun lapangan depan istana yang cukup luas. Di sisi kanan dan kiri gerbang terdapat perkantoran yang menjadi akses bagi para pengunjung yang ingin memasuki beberapa ruang istana dan museum. Untuk kedua hal tersebut, tentu saja pengunjung dikenakan tiket masuk. Namun demikian, untuk sekedar berkeliling mengitari bagian luar istana dan taman-taman yang ada, pengunjung sama sekali tidak dikenakan biasa masuk.

Saat memasuki pelataran utama istana, pengunjung akan langsung disuguhi kemegahan Schonbrunn yang gagah nan indah. Bangunan dengan dominasi warna kuning tersebut memanjang dari sisi kiri ke kanan dan terdiri atas beberapa lantai. Dengan relung-relung pintu dan jendela berukir detail serta rumit menimbulkan kesan kemewahan dan keanggunan Istana Schonbrunn. Istana semakin nampak menawan dengan hiasan kubah dan menara-menara kecil berwarna kuning emas di puncak-puncak atap yang menantang langit.

Schonbrunn7Di sisi kanan dan kiri bangunan istana utama terdapat pintu gerbang samping yang mengantarkan pengunjung ke bagian taman di sisi dalam dan belakang kompleks istana. Beberapa bagian taman terdiri atas beberapa gasebo bergaya Timur Tengah, taman labirin, kebun binatang, termasuk beberapa area pemakaman keluarga istana. Lurus dari sisi belakang bangunan utama istana, terhampar bak permadani penuh warna-warni sebuah hamparan tanaman bunga beragam warna. Susunan tanaman bunga dengan keindangan bunganya yang sedang mekar menjadikan sebuah pemandangan berlatar gapura megah di atas bukit yang mengagumkan bagi siapapun yang memandang.

Schonbrunn5   Schonbrunn6

Lurus di bagian tengah permadani hidup dengan warna-warni kembang, terdapat akses jalan yang dapat mengantarkan pengunjung terus maju untuk menjelajah pelataran bagian belakang kompleks istana. Di ujung pelataran terdapat air mancur pada sebuah kolam yang menjadi batas area lereng perbukitan di sisi atas. Melalui sisi kanan dan kiri kolam ini pengunjung dapat meneruskan pendakian hingga ke puncak bukit dimana berdiri dengan gagah gapura nan indah. Dari titik di sepanjang gapura ini akan didapatkan pemandangan sisi belakang Istana Schonbrunn dari ketinggian atas bukit yang memukau.

Schonbrunn8Di samping keindahan arsitektur bangunan kompleks Istana Schonbrunn bergaya Eropa klasik yang indah, mengitari kompleks istana pengunjung disuguhi suasana asri hutan yang menghijau dan menyejukkan pikiran. Hutan kota tersebut sengaja ditata sedemikian rapi sehingga mengesankan keindahan yang luar biasa. Keberadaan berebagai pepohonan di hutan ini menjadikan suasana udara di area Istana Schonbrunn senantiasak terasa sejuk dan segar. Hal inilah yang menjadikan lorong-lorong jalan setapak di kerindangan pepohonan hutan sering dimanfaatkan oleh warga Vienna untuk berjogging pada pagi maupun sore hari. Istana Schonbrunn akan senantiasa mengukirkan kenangan indah bagi siapapun yang pernah mengunjunginya. Mengunjungi Vienna tanpa mampir di Schonbrunn adalah sebuah kerugian maha besar. Monggo pinarak.

Lor Kedhaton, 16 Juli 2014

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Istana Schonbrunn Nan Anggun

  1. ikhsan berkata:

    Dalam rangka apalagi mas ke viena?

    Suka

  2. Dunia Ely berkata:

    Masuk ke dalam istananya nggak, yang ada kurang lebih 27 kamar kamar bersejarah tempo dulu? rugi kalau nggak masuk mas 😀

    Suka

    • sang nanang berkata:

      wah pas ke sana sudah waktu sore, waktu jam berkunjung ke bagian dalam sudah usai
      yang unik dari kamar itu apa saja mbak?
      moga lain kali diberikan kesempatan ke Wina lagi mbak

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s