Kota Summarecon, Konsep Sektakuler Kota Bekasi Masa Depan


Flyover SummareconManusia modern tentu tidak akan lagi hanya mencukupkan kebutuhan primernya kepada pangan, sandang, dan papan. Di samping ketiga kebutuhan pokok tersebut, kebutuhan pokok manusia terus berkembang menurut kemajuan jaman. Kesehatan hidup yang terjamin dan pendidikan yang berkualitas menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kehangatan pergaulan dan interaksi dengan keluarga, tetangga, teman-teman, hingga para kolega jauh juga menjadi sebuah nilai yang mencirikan kebahagiaan seseorang di era modern saat ini. Semua kebutuhan ataupun tujuan hidup di atas tentu saja memerlukan sarana dan prasarana untuk mewujudkannya.

Apa yang Anda bayangkan seandainya ada sebuah pusat hunian yang bisa memberikan sarana dan prasarana untuk memenuhi segala macam kebutuhan manusia modern? Rumah tempat tinggal yang nyaman. Pasar modern yang menyediakan segala kebutuhan hidup sehari-hari, dari sembilan bahan pokok hingga aneka macam makanan siap saji. Sarana ibadah yang representatif di lingkungan yang dekat. Fasilitas kesehatan yang siap sedia melayani setiap saat. Prasarana olah raga yang cukup lengkap di sekitar rumah kita. Sekolah dari berbagai jenjang pendidikan hingga sebuah perguruan tinggi berkelas dunia. Bayangkan teman! Bukankah kita seolah benar-benar telah berada di sebuah taman surga dunia? Adakah sebuah kota yang dikonsep dengan memadukan semua aspek kebutuhan hidup manusia modern tersebut?

Peta Summarecon    SpringLake

Summarecon Bekasi menghadirkan sebuah kota dengan konsep bernuansa surgawi bagi para penghuninya, maupun masyarakat umum di lingkungan sekitar kota. Menempati area seluas 240 ha memungkinkan segala sarana dan prasarana hidup manusia modern dibangun dalam sebuah tata ruang kota yang terpadu dan terintegrasi menjadi sebuah kota mandiri dengan konsep compact city. Sarana residential dan commercial, dipadu dengan fasilitas educational, social community, hingga environmental. Semua aspek fisik dan psikis, aspek jasmani dan rohani hadir secara lengkap untuk kenyamanan dan kebahagian hidup yang sesempurna mungkin bagi setiap warga kota.

Tour Summarecon  Tour Summarecon1

Pada pertengahan 19 April 2014 yang lalu, atas woro-wor0 dari rekan-rekan Blogger Bekasi (BeBlog), saya berkesempatan mendengarkan penjelasan dan melihat beberapa sudut Kota Summarecon Bekasi dalam acara One Day Tour with Blogger. Beberapa hal yang menurut pengamatan kami kenapa konsep Kota Summarecon Bekasi menjadi sesuatu yang spektakuler untuk perkembangan Kota Bekasi di masa depan, seperti akses strategis, konsep kota hijau, dan kelengkapan fasilitas yang terintegrasi.

Akses Strategis

Kota Summarecon Bekasi bisa dikatakan berada di titik pusat pemerintahan karena berdampingan dengan Pusat Pemerintahan Kota Bekasi. Akses utama ke pusat ibukota Jakarta juga sangat mudah. Dari arah Tol Cikampek dihubung melalui pintu gerbang tol Bekasi Barat, melintasi Jalan Ahmad Yani dan langsung melalui Flyover KH Noer Ali, maka Kota Summarecon Bekasi langsung berada di depan mata. Pilihan akses lain tentu saja menggunakan transportasi kereta api.

Kawasan Kota Summarecon tepat berada di belakang Stasiun Utama Bekasi. Dengan menggunakan shuttle bus yang tersedia sangat representatif para penghuni dan tamu Kota Summarecon Bekasi dapat diantara jemput di titik sekitar pintu masuk stasiun. Dengan ketersediaan kereta api Commuterline, perjalanan dari dan ke Jakarta dapat ditempuh dengan cepat, aman dan bebas kemacetan, serta yang paling penting berbiaya sangat murah.

Di internal kawasan Kota Summarecon Bekasi jalur-jalur akses utama terdiri atas jalan-jalan yang lebar dengan penataan yang sangat rapi. Jalur-jalur protokol terdiri atas jalanan yang sangat lebar dengan dua hingga tiga jalur kendaraan untuk masing-masing arah. Demikian halnya jalur-jalur cabang yang memasuki kawasan hunian ataupun fasilitas penunjang, juga terdiri jalanan beraspal mulus yang sangat memadai, lengkap dengan rambu-rambu lalu lintas dan penunjuk jalan yang akan memudahkan setiap pelintas untuk mencapai lokasi yang akan dituju.

 Konsep Kota Hijau

Manusia modern sangat sadar betul dengan arti pentingnya daya dukung lingkungan hidup terhadap kenyamanan dan kelestarian manusia itu sendiri. Adalah sebuah “kewajiban” yang tidak terelakkan bahwa setiap konsep pengembangan kota juga akan mengarah kepada kota yang ramah lingkungan. Semboyan back to basic ke alam harus diterapkan secara nyata dalam wujud kota yang go green.

Tour Summarecon11  Tour Summarecon12

Kota yang ijo royo-royo tentu saja sangat berkaitan dengan kecukupan ruang terbuka hijau dan sarana pendukung lingkungan yang lain. Dari pengamatan pada saat city touring selama setengah hari di acara One Day Tour with Blogger, semenjak turun dari Flyoever KH Noer Ali di Boulevard Landmark Piramida terbalik dan memasuki jalur utama maupun jalur-jalur cabang yang menuju kawasan hunian, di kanan-kiri jalanan dipenuhi jalur hijau yang terdiri atas pepohonan rindang yang menyejukkan suasana. Di sepanjang tepian jalanan, sistem drainase nampak rapi untuk menyalurkan air limpahan dari jalanan apabila terjadi guyuran air hujan. Dengan oeprasional dan perawatan yang baik tentu saja hal ini dapat menghindarkan terjadinya genangan, bahkan banjir, pada saat terjadi hujan lebat sehingga para pengguna jalan raya tidak terganggu atau terancam keselamatannya.

Komitmen Kota Summarecon Bekasi dalam pengelolaan air limbah rumah tangga ditunjukkan pada saat rombongan blogger berkunjung ke fasilitas daur ulang air limbah rumah tangganya. Semua air limbah rumah tangga sisa penggunaan para penghuni kota disalurkan melalui saluran pipa khusus menuju fasilitas ini. Di sini air tersebut dimurnikan sedemikian rupa untuk kemudian dipergunakan untuk menyiram tanaman di area pertamanan maupun sepanjang jalur hijau. Melalui pengelolaan tersebut, penggunaan air akan lebih optimal sedangkan pencemaran lingkungan akibat limbah air rumah tangga dapat terhindar.

Tour Summarecon2  Tour Summarecon3

Satu lagi bentuk komitmen pengembangan Kota Summarecon Bekasi dalam mewujudkan lingkungan yang go green, yaitu keberadaan 3 danau buatan total seluas 9,8 ha. Danau tersebut difungsikan sebagai pusat penampungan air hujan yang menjadi sumber utama air resapan. Ketiga danau tersebut ditata dengan penataan yang sangat artistik sehingga menjadikan kawasan di sekitarnya sangat teduh dengan pepohonan hijau yang sudah mulai tumbuh.

Di samping memerankan fungsi lingkungan hidup, kawasan danau juga di lengkapi dengan jalur pejalan kaki dan sepeda yang mengelilingi tepian danau. Di beberapa titik tepian juga dibangun gasebo yang dapat menjadi titik berkumpul para penghuni yang bersama-sama menikmati suasana keteduhan danau. Bahkan ada juga teras terbuka yang difungsikan sebagai club house untuk memfasilitasi kegiatan bersama para warga. Posisi club house yang menghadap langsung ke sebuah kolam renang yang menghubungkan ke danau menjadikan suasana di teras terbuka ini sangat nyaman untuk bersantai bersama. Apalagi fasilitas ini juga dilengkapi taman bermain untuk anak-anak, seperti plosadan dan ayun-ayunan.

Tour Summarecon4 Tour Summarecon5 Tour Summarecon7 Tour Summarecon6

 Integrasi Fasilitas

Di samping memadukan konsep kemudahan akses dan ramah lingkungan, Kota Summarecon Bekasi juga mengintegrasikan semua fasilitas pendukung sebuah kawasan kota modern. Sebagian besar Kota Summarecon Bekasi pastinya kawasan hunian. Kawasan hunian meliputi perumahan, apartemen, townhouse, dan kondominium. Kawasan perumahan ditata dengan konsep cluster-cluster yang modern dan masing-masing memiliki tematik kekhasannya masing-masing, diantaranya ada cluster Palm, Acacia, Maple, Veronica, Magnolia, Bluebell, juga Lotus Residance. Diantara cluster-cluster yang ada, mungkin yang sangat unik dan menarik adalah blok-blok yang langsung menghadap ke tepian danau atau Lakeside cluster.

Fasilitas pendukung aktivitas warga yang sangat penting adalah sekolah. Di sudut timur laut Kota Summarecon secara terpadu dikonsep sebagai pusat pendidikan. Ada sekolah Al Azhar dan BPK Penabur dari tingkat TK-SLTA yang juga didirikan Masjid Al Azhar untuk menghasilkan anak-anak penghuni kota yang unggul, cerdas dan bertaqwa.

Tour Summarecon8 Tour Summarecon9

Untuk kawasan komersial dan pusat bisnis, Kota Summarecon Bekasi dikonsep memadukan fasilitas Summarecon Mall Bekasi  tetapi tetap mempertahankan keberadaan pasar rakyat. Namun demikian, pasar rakyat yang ada justru telah dimodifikasi menjadi pasar modern. Pasar modern Sinpansa yang menyediakan bahan-bahan sayuran, buah, daging, dan kebutuhan rumah tangga yang masih fresh, alias segar bugar. Di samping mall dan pasar modern, kawasan komersial juga dilengkapi dengan fasilitas perbankan, pusat kantor pengelola, automotive atau bursa mobil.

Tour Summarecon10Hal yang menarik pada saat One Day Tour with Blogger adalah digelarnya acara Pasar Senggol. Pasar Senggol merupakan konsep penaataan gelaran pasar malam secara modern. Ratusan pedagang kaki lima, terutama yang menjajakan sajian makanan atau kuliner tradisional dan khas Bekasi atau Betawi memadati pelataran terbuka di depan Summarecon Mall Bekasi. Di samping itu, memeriahkan suasana Festival Kuliner Pasar Senggol sebagai pasar malam adalah hadirnya berbagai wahana permainan anak-anak dan remaja, ada komedi putar, bianglala, ombak banyu, kora-kora, kereta mini, bahkan tong stand. Meskipun penyelenggaraan Pasar Senggol hanya berlangsung sebulan, tetapi jika jika diagendakan secara rutin setiap tahun tentu akan semakin meyakinkan bahwa Kota Summarecon Bekasi tetap melestarikan nuansa tradisi lokal meskipun merupakan sebuah kota modern.

 Mungkin hanya sedikit coretan inilah sebagian dari kesan pada saat mengikuti acara One Day Tour with Blogger. Namun demikian, cukup banyak kesan yang terekam sehingga terangkum menjadi sebuah keyakinan bahwa Kota Summarecon Bekasi ke depannya akan mewujudkan impian warga kota akan hadirnya sebuah kawasan hunian yang modern dan spektakuler.

 Ngisor Blimbing, 24 Mei 2014

Tulisan ini diikutsertakan dalam Keep Calm & Write Blog Writing Competition 2014 disini: www.malbekasi.com/blog-competition/index.php

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s