No Fashion No Action


Kebutuhan hidup manusia di dunia memang macam-macam. Namun demikian yang tergolong sebagai kebutuhan primer alias kebutuhan pokok yang paling mendasar, semenjak jaman kuno tidak pernah berubah, berkisar soal pangan, sandang, dan papan. Jika seseorang sudah terpenuhi ketiga kebutuhan tersebut secara memadai, maka setidaknya ia akan dapat mencapai martabat dan derajat sebagai manusia berbudaya yang dilandasi dengan kejernihan akal sehat serta nilai-nilai kehidupan.

Mengenai sandang atau pakaian. Pakaian bagi sebagian bangsa di dunia memiliki arti yang sangat penting. Di samping fungsi utama untuk melindungi tubuh dari panas dan dinginnya suhu udara di lingkungan sekitar, pakaian juga memiliki fungsi etika dan estetika yang tinggi. Dalam ajaran agama Islam, pakaian juga memerankan peranan religiositas yang sangat penting. Pakaian menjadi sarana penutup aurat untuk menghindarkan manusia dari berbagai tindakan yang tidak bermartabat.

Dalam khasanah budaya Jawa, pakaian disebut sebagai ageman. Kata ageman sendiri sangat dekat peristilahannya dengan agama. Ageman merupakan pakaian yang melindungi tubuh manusia secara fisik atau lahiriah. Adapun agama menjadi pelindung batiniah manusia yang membingkai pikiran, perkataan, tindakan atau tingkah laku yang selanjutnya bermuara kepada akhlak alias keluhuran budi pekerti manusia. Maka tidak mengherankan jika selanjutnya muncul petuah luhur yang mengatakan bahwa ajining raga ana ing busana, kehormatan tubuh seseorang sangat tergantung dari pakaian yang dikenakannya.

Menelaah lebih dalam ungkapan ajining raga ana ing busana, di dalamnya terkandung mutiara indah sangat senafas dengan ajaran agama Islam. Sebagaiamana telah disinggung sebelumnya, pakaian bagi ummat Muslim memiliki fungsi dan kegunaan untuk menutup aurat. Aurat merupakan organ tubuh maupun lekuk tubuh, dapat juga perilaku atau gerak-gerik yang dapat menjerumuskan manusia kepada perbuatan maksiat apabila tidak diletakkan pada ruang dan waktu yang tepat. Bagi seorang muslimah sesungguhnya bagian tubuh yang boleh terlihat dari pandangan umum hanyalah telapak tangan dan raut muka. Anggota tubuh selain yang dua tersebut termasuk aurat yang harus ditutup. Adapun untuk kaum lelaki, aurat yang sama sekali harus rapat adalah bagian tubuh dari mata kaki hingga titik pusarnya.

Ketentuan menutup aurat sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan penampakan telanjang organ tubuh tertentu saja. Aurat juga mencakup bentuk atau lekuk tubuh, meskipun anggota tubuh tersebut sudah ditutup dengan rapat. Artinya pakaian rapat tetapi ketat masih tetap memperlihatkan bentuk dan lekuk tubuh seseorang. Hal ini berarti bahwa pakaian ketat belum berfungsi untuk menutup aurat. Demikian juga apabila seseorang memakai pakaian yang longgar, akan tetapi pakaiannya tipis atau bahkan transparan juga belum bisa dikatakan aurat telah tertutup. Pakaian adalah penutup aurat, bukan sekedar pembungkus aurat. Bedakan dengan pasti kata menutup dengan membungkus!

Roda jaman memang terus berputar. Model dan gaya pakaianpun senantiasa mengalami perubahan seiring dengan dinamika jaman yang berlangsung. Mulai dari jenis pakaian yang paling primitif hingga modern sudah banyak kita ketahui. Mulai dari pakaian yang terbuat dari kulit kayu, karung goni, kain gombal, katun hingga sutera yang termahal telah banyak dipakai oleh banyak orang.

Di kalangan muslim Indonesiapun telah banyak diciptakan beraneka ragam baju muslim dari jaman ke jaman, baik bahan, model ataupun gayanya. Mulai dari baju surjan taqwa, kain sarung, baju kurung, gamis, jilbab, hijab, jubah ataupun baju kaftan yang kini sedang trend. Bahan dan model pakaian muslim di masa sekarang tentu saja lebih dinamis dengan rancangan modern yang modis, dengan tanpa meninggalkan prinsip pakaian sebagai penutup aurat. Perkembangan jaman, terlebih dalam hal gaya berpakaian bagi kalangan muda seolah menuntut harus dinamis mengikuti tuntutan kemajuan jaman dan menjadi bagian dinamika fashion yang sangat penting. Mungkin kaum muda kita akan berkata no fashion no action, termasuk dalam gaya dan model pakaian khusus kaum muslim.

Dengan semaraknya dunia internet, anak muda masa kini tidak akan pernah kesulitan untuk mencari dan menemukan model atau gaya pakaian muslim yang modis dan dinamis. Banyak perancang pakaian muslim yang menciptakan desain pakaian muslim yang terus up to date. Banyak juga portal maupun toko online yang menawarkan pakaian muslim dalam kemasan trend modern saat ini. Salah satu toko online yang bisa dijenguk di dunia maya adalah Zalora.

Zalora1Zalora2Aneka pilihan model desain pakaian muslim maupun muslimah di toko online tersebut dapat menjadi pilihan kawula remaja, muda hingga dewasa. Untuk kaum hawa Zalora memiliki berbagai koleksi, seperti outerwear, dress, pakaian atasan, manset, blouse, tunik, pakaian bawahan, celana, rock, jumpsuits, aneka jilbab dan hijab, hingga perlengkapan sholat khusus wanita. Adapaun koleksi di Zalora untuk kaum adam, antara lain tersedia produk baju koko dan celana muslim dengan berbagai jenis bahan dan ukuran. Berbagai produsen seolah menjadi jaminan keunggulan mutu dan kualitas produk yang ditawarkan Zalora, sebut saja diantaranya Itang Yunasz collection, Gerai Yusuf, Gajah Duduk, Arafah, Titans, Kufa, dan beberapa yang lainnya.

Mengenai ukuran pakaian, tersedia lengkap mulai dari XS, S, M, L, XL, hingga XXL. Harga produk bervariasi, mulai dari Rp 50.000,- semisal untuk kain hijab, hingga yang bernilai plus minus satu jutaan juga ada. Jangan khawatir terjebak membeli kucing dalam karung. Meskipun pelayanan melalui dunia maya, tetapi calon pembeli dapat melihat dan membaca dengan komplit rincian informasi produk, mulai dari foto, warna, model, motif, label, merk, ukuran, brand, bahkan ulasan atau testimoni dari pelanggan yang memberikan review terhadap produk tertentu. Kepercayaan pembeli akan semakin bertambah tatkala menikmati layanan transaksional jual-beli dengan sistem pemesanan via telepon dan pembayaran pada saat produk sampai di tangan pembeli, ditambah dengan layanan pengiriman gratis dan garansi uang kembali.

Lor Kedhaton, 16 Januari 2014

Foto dipinjam dari sini dan sini.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Religi dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke No Fashion No Action

  1. Evi berkata:

    Baju di Zalora emang keren, modelnya mengikuti trend fashion terkini, Mas 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s