Rekam Jejak Balatidar 2013


Lanskap PTMenuliskan jejak Balatidar di tahun 2013 ini serasa mengukirkan tulisan di atas air. Begitu sulit dan berat untuk dituliskan, namun kemudian sirna dalam hitungan waktu yang sangat cepat. Bagaimanapun juga harus sangat diakui secara terus terang, bahwa tahun 2013 bagi barisan Balatidar adalah sebuah era perjalanan komunitas yang sangat sunyi, sepi, senyap, bahkan mungkin juga hampa.

Meskipun semenjak awal perjalanan terbentuknya Komunitas Blogger Magelang hanya mampu menggagas beberapa event kegiatan dalam lingkup yang serba terbatas, akan tetapi sejarah telah mencatatkan terselenggaranya Lomba Menulis untuk Siswa dan Pelajar (LMSP) dan Seminar Pendidikan dalam kurun tiga tahun berturut-turut, mulai tahun 2010, 2011, dan 2012. Kedua agenda rutin tersebut senantiasa mewarnai detik-detik peringatan ambal warsa alias Hari Ulang Tahun Komunitas Blogger “Pendekar Tidar” Magelang yang senantiasa diperingati setiap 11 April.

Semenjak awal terbentuknya, komunitas ini sebenarnya banyak digawangi oleh para Balatidar yang memiliki semangat dan komitmen yang militan untuk menggemakan Magelang go Blog. Dari berbagai kesempatan menggelar agenda komunitas, nampak sekali bagaimana para Balatidar bahu-membahu penuh keikhlasan, semangat tinggi serta penuh rasa kekompakan dengan menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi maupun kelompok. Semuanya dilakukan demi melihat tercapainya kemajuan Magelang, terutama di sisi ketersediaan konten potensi Magelang di dunia maya.

Mengambil jeda waktu menapaki era sunyi nan hampa, memang sangat diperlukan untuk melakukan berbagai refleksi dan instropeksi diri. Sunyi sangat diperlukan diantara hari-hari kita yang penuh dengan gegap-gempitanya aktivitas dengan intensitas yang tinggi. Ngrungoke swaraning asepi, atau mendengarkan suara kensunyian adalah sebuah proses pengendapan diri untuk merancang langkah ke depan menjadi lompatan-lompatan kerja dan prestasi yang lebih tinggi, lebih hebat, dan lebih memberikan kemanfaatan.

Kopdar Tempo Dulu Bukber2

Sekedar melanjutkan tradisi kopdaran gethukan, meski sangat terbatas Balatidar yang berkenan merapat akan tetapi beberapa kali agenda kopdaran sempat tergelar penuh makna dan arti. Selain sebagai sekedar kumpul andrawina dan temu kangen, gethukan juga tetap menjadi sarana mempertahankan tali silaturahmi yang menjadi komitmen tertinggi sebagaimana motto Paseduluran Tanpa Batas. Dalam beberapa kesempatan, beberapa gelintir Balatidar tetap bersemangat gethukan di Ringin Tengah Alun-alun maupun di Serambi Masjid Agung Magelang. Beberapa kopdaran yang mencatatkan kehadiran Balatidar yang cukup banyak, tercatat seperti Kopdar Tempoe Doeloe dan Kopdar Buka Bersama menjelang Lebaran tahun ini.

Manggung ABFI PraABFI3 MB1 Tembi4

Meskipun agenda rutin komunitas sama sekali vakum, namun dalam beberapa kesempatan event blogger lintas komunitas maupun tingkat nasional, beberapa personil Balatidar berkesempatan turut nyengkuyung dan berpartisipasi aktif, diantaranya Pra dan Pasca Event Asean Blogger Festival Indonesia di Jakarta, Asean Blogger Festival Indonesia di Surakarta, Muktamar Blogger di Jakarta, serta Kopdar Blogger Nusantara di Jogjakarta.

Akan seperti apakah perjalanan sejarah Komunitas Blogger “Pendekar Tidar” Magelang di tahun 2014? Apakah komunitas ini akan bangkit dari keterpurukan masa hibernasi yang terlampau panjang, ataukah justru akan semakin tenggelam tergilas perjalanan roda waktu seiring dengan kesibukan masing-masing Balatidar? Benarkah Pendekar Tidar akan segera berganti menjadi Pendekar Tidur? Semua akan kembali kepada niat, komitmen, konsistensi, dan komunikasi silaturahmi dari segenap barisan Balatidar. Semoga sedikit catatan kecil ini bisa menjadi bahan perenungan yang mendalam di saat detik-detik pergantian tahun kali ini. Salam blogger, salam Balatidar!

Ngisor Blimbing, 30 Desember 2013

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Rekam Jejak Balatidar 2013

  1. amaliarizkie berkata:

    Ayo pendekar tidar, bangkit lagi. Sy pengen lebih mengenal dan belajar seluk beluk dunia blogging serta kawan2nya dr sedulur balatidar nih 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s