Wredapura, Hotel Plat Merah di Pantai Sanur


Bali memang masih merupakan tujuan wisata paling eksotik di tanah air. Kekayaan budaya dan adat istiadatnya yang masih lestari menjadi magnet yang sangat kuat bagi siapapun untuk menyambanginya. Keelokan pertunjukan seni Barong, Legong, dan Kecak seolah menjadi mantra yang menghembus ke segenap penjuru bumi. Demikian halnya panorama alam yang beragam, mulai dari pantai Kuta, Sanur, Lovina, Nusa Dua, Kintamani dengan gunung Baturnya, hingga gunung Agung dengan Pura Besakihnya akan senantiasa membaa decak kagum bagi siapapun yang pernah mengunjunginya.

Wredapura1 Wredapura2

Mengunjungi daerah tujuan wisata utama di Nusantara tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah. Akan tetapi di era jaman modern inipun ternyata masih banyak juga pihak-pihak yang mempromosikan produk jasa maupun barangnya dengan iming-iming harga ekstra super murah terhadap produknya. Saya dan keluarga termasuk segelintir orang diantara sekian banyak orang yang pernah merasakan kegembiraan mendapatkan promo-promo sejenis itu. Pasca Lebaran tahun ini, pesawat Mandala Tiger Airline memberikan promo tiket murah ke Bali untuk kami. Tiket pulang-pergi untuk tiga orang hanya dibandrol seharga Rp. 900.000,-. Pucuk dicinta ulampun tiba, demikian pepatah yang menggambarkan keberuntungan kami sekeluarga.

Saya memang pernah berwisata ke Bali, paling tidak semasa study tour sewaktu SMP dan SMA. Namun bagi istri dan anak, kali ini merupakan waktu pertama menginjakkan kaki di Pulau Dewata. Berwisata tentu saja membutuhkan transportasi, akomodasi, juga penginapan. Ndilalahnya, dari promo yang kami dapatkan dari Mandala, kamipun berturut-turut juga diberikan jalan oleh Tuhan untuk mendapatkan segala hal keperluan perjalanan kami dengan harga-harga “pertemanan” yang sangat terjangkau, bahkan bisa dibilang murah-meriah. Hal yang ingin  saya ceritakan sedikit rinci pada kesempatan ini adalah tempat penginapan kami di Wredapura.

Wredapura3 Wredapura4

Wredapura merupakan nama wisma milik Kementerian Pekerjaan Umum. Wisma ini diperuntukkan sebagai tempat penunjang kegiatan-kegiatan instansi pemerintah tersebut yang diselenggarakan di Bali. Kegiatan seperti pelatihan, rapat koordinasi, workshop, hingga seminar sering diadakan secara internal di wisma ini. Sebagai sebuah venue berbagai kegiatan yang bertaraf nasional maupun internasional, Wredapura dilengkapi dengan fasilitas akomodasi kelas hotel berbintang. Makanya Wredapura di kalangan insan pariwisata Bali seringkali dikenal sebagai salah satu Hotel “Plat Merah”.

Wisma Wredapura terletak di Jalan Danau Tamblingan, kawasan Pantai Sanur, Bali. Memasuki wisma dari jalan utama tidak ubahnya memasuki sebuah kawasan hotel megah nan luas. Gerbang bentar khas Bali akan menyambut setiap tamu yang akan berkunjung. Menelusuri akses jalan utama yang di kanan-kirinya berpagarkan taman nan asri, pengunjung akan menjumpai area parkiran kendaraan yang cukup luas tepat di depan lobby hotel. Di sinilah para resepsionist akan menyambut setiap tamu dengan penuh senyum keramahan.

Wredapura5  Wredapura6

Di sisi bangunan lobby wisma, terdapat beberapa deret wisma yang biasanya dipergunakan untuk ruang kerja para tamu eksekutif ataupun para pejabat internal pada saat diselenggarakan acara-acara kedinasan Kementerian Pekerjaan Umum. Bersambung dengan wisma kerja tersebut, berdiri dengan megah nan luas sebuah wisma yang berfungsi sebagai auditorium untuk penyelenggaraan acara-acara berskala besar, seperti seminar ataupun workshop. Auditorium ini juga seringkali disewakan kepada masyarakat umum untuk penyelenggaraan acara resepsi pernikahan maupun acara keluarga yang lainnya.

Dari sisi samping lobby dan wisma auditorium dihubung dengan sebuah koridor lurus yang juga menuju bagian tengah dan belakang area Wredapura. Di sisi tengah, setelah melewati wisma auditorium, pengunjung akan menjumpai deretan wisma penginapan dua lantai yang berjajar dengan sangat rapi. Di bagian inilah para tamu biasa menginap di sela-sela acara kedinasan mereka. Wisma penginapan memiliki lebih dari 90 ruang kamar standar hotel bintang.

Wredapura8 Wredapura9

Di kala Wredapura tidak sedang dipergunakan untuk acara-acara kedinasan Kementerian Pekerjaan Umum, kamar-kamar di wisma penginapan biasa disewakan untuk pengunjung umum. Pada umumnya kamar-kamar yang ada merupakan kamar standar twin bed, dengan fasilitas kamar mandi dalam, tv, ac, lemari baju, perlengkapan mandi dan air minum. Di samping itu, di beberapa sudut lantai dua terdapat kamar ekstra besar yang mirip dengan apartemen. Kamar ini berukuran lebih besar, terdiri atas ruang tidur, ruang tamu, ruang antara dan kamar mandi, dilengkapi dengan balkon di sisi luarnya.

Di belakang deretan wisma penginapan, dengan dipisah sebuah tembok yang memagari beberapa gapura bentar untuk akses keluar-masuk terdapat deretan wisma cottage kelas para pejabat tinggi. Wisma cottage ini merupakan tempat penginapan paling luas dengan fasiltas yang paling lengkap karena biasa dipergunakan untuk menginap para pejabat eselon. Tak kurang dari 20 wisma cottage terdapat di Wisma Wredapura.

Setelah melintasi area wisma cottage, pengunjung akan menemukan restoran yang menjajakan makanan khas Bali maupun menu masakan Barat dan beberapa negara lain. Restoran ini tepat berada di sisi paling belakang Wisma Wredapura yang langsung menghadap deburan ombak Pantai Sanur. Wow…..sungguh sebuah perpaduan kelengkapan fasilitas sebuah tempat penginapan dan pemandangan pantai yang indah dengan sejuk semilirnya hembusan angin laut yang menghanyutkan suasana.

Wredapura7 Wredapura10

Sebagai wisma penginapan berkelas, Wredapura juga dilengkapi dengan fasilitas berstandar hotel berbintang, seperti kolam renang, fasilitas fitness, tenis meja, ruang billyard, ruang karaoke, bahkan pengunjung juga dapat menikmati sepeda kayuh yang dapat dipinjam dari pengelola wisma.

Pantai Sanur di sisi timur merupakan tempat yang paling indah untuk menikmati detik-detik terbitnya sang fajar di ufuk timur. Keremangan nan dingin di pagi buta lebih bertambah nikmat dengan sentuhan pasir lembut ketika kita menikmati jalan pagi di tepian Pantai Sanur. Beberapa saat kemudian, semburat bulat mentari akan muncul dari kedalaman cakrawala samudera. Detik-detik tersebut sangat sulit digambarkan keindahannya dengan kata-kata. Dan kami sungguh beruntung bisa menikmati saat-saat indah tersebut selama beberapa pagi karena kami berkesempatan menginap di Wisma Wredapura. Sekali-kali ke Bali, silakan nikmati Wisma Wredapura.

Ngisor Blimbing, 12 Oktober 2013

Artikel terkait:

1. Eksotika Pura Luhur Uluwatu;

2. Asal-usul Sang Garuda;

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Wredapura, Hotel Plat Merah di Pantai Sanur

  1. annosmile berkata:

    hotel mewah..hihii
    saya milih yg hotel murah meriah saja 😀

    Suka

    • sang nanang berkata:

      Nggak juga sih kang, Wredapura itu wisma milik Kementerian PU. Kebetulan dikasih tahu teman, dan bisa memanfaatkan ‘kartu anggota’ sehingga dapat diskon untuk keluarga

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s