Pada Suatu Hari di Hari Jadi PBB


VIC5  VIC1

Hari ini bertepatan dengan 24 Oktober 2013. Pada saat mengingat angka tanggal tersebut, semacam ada sesuatu ingatan yang tiba-tiba muncul. Angka 24 Oktobober termasuk sesuatu yang terpatri mendalam di memori otak ini semenjak di bangku sekolah dasar dulu. Dari beberapa buku sejarah kepunyaan kakak dan beberapa cerita Pak Maryono saat pelajaran IPS di kelas, saya masih sangat ingat sekali bahwa tanggal 24 Oktober 1945 adalah hari terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Seluk-beluk organisasi PBB kemudian lebih saya kenal melalui BU Wiek, guru mata pelajaran Geografi tatkala duduk di bangku SMP.

Sejarah peradaban manusia pernah mengalami saat-saat yang sangat kelam akibat perang. Perang terbesar yang terjadi pada masa awal abad 20 adalah Perang Dunia I. Pasca Perang Dunia I, terbentuklah Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang dipelopori oleh Amerika Serikat dan Inggris. Dalam perkembangan selanjutnya LBB tidak dapat memenuhi harapan dan tujuan awal dibentuknya karena meletusnya Perang Dunia II pada tahun 1939 – 1945. LBB dianggap telah gagal menjalankan misinya sehingga kemudian bubar dan tidak ada kelanjutnya lagi.

VIC14Perang Duni II melibatkan hampir semua negara besar pada waktu itu. Beberapa diantaranya membentuk blok-blok militer yang ditulangpunggungi oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Di sisi lain, pada masa itu juga tumbuh kekuatan-kekuatan baru yang dilandasi fanatisme berbasis ultranasionalisme dan facisme, diantara negara Jerman, Jepang, dan Italia. Tidak hanya melibatkan banyak negara, pertempuran hampir terjadi di setiap penjuru regional di seluruh dunia. Akibatnya jutaan nyawa menjadi korban perang. Perang praktis baru berakhir tatkala Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945.

Perang, bagaimanapun saat kejam. Tidak hanya bangsa yang kalah saja yang mengalami kerusakan dan kerugian yang besar, bahkan negara-negara yang unggul dan keluar sebagai pemenangpun juga menderita kerugian dan banyak korban jiwa yang melayang di medan perang.

VIC13Pengalaman buruk dengan Perang Dunia I dan II, serta gagalnya LBB dalam mengemban misi perdamaikan dunia, maka pasca PD II beberapa negara besar yang kebetulan keluar sebagai pemenang melakukan pertemuan-pertemuan pendahuluan yang selanjutnya bergulir menjadi komitmen bersama untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya perang, serta mewujudkan perdamaian dunia yang lebih kekal. Persamaan pandangan dan tujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia yang lebih menyeluruh telah mendorong beberapa negara terkemuka untuk duduk bersama dan membuat kesepahaman-kesepahaman. Dari sinilah kemudian lahir Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 24 Oktober 1945.

PBB berkembang menjadi organisasi multilateral terbesar hingga saat ini. Hampir seluruh negara yang ada di permukaan bumi menjadi anggota PBB. Tercatat tidak kurang dari 193 negara duduk dalam keanggotaan PBB. Struktur keorganisasian PBB terdiri atas Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Sekretariat Jenderal, serta Mahkamah Internasional. Pada saat ini yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal adalah Ban Ki Moon dari Korea Selatan yang menggantikan Kofi Annand dari Ghana sejak tahun 2007. Markas besar PBB berada di New York, Amerika Serikat. Namun dalam operasionalisasinya, terdapat beberapa kantor utama PBB di Jenewa (Swiss), Vienna (Austria), dan Nairobi (Kenya).

VIC4Nah apa hubungannya Hari Kelahiran PBB dengan munculnya kembali ingatan di memori saya terhadap pengetahuan-pengetahuan yang pernah saya dapatkan di bangku sekolah dengan hari ini?

Tentu saja semua hanyalah terjadi atas rencana dan kehendak Tuhan. Pada saat PBB memperingati HUT ke-68, hari ini, justru saya secara kebetulan juga sedang berada di salah satu kantor utamanya, tepatnya di Kota Vienna, Austria. United Nations Office at Vienna (UNOV) merupakan pusat beberapa organisasi di bawah PBB, diantaranya IAEA, UNODC,UNPA, UNIS, UNHCR, UNOPS, UNSCEAR, dan UNEP.

International Atomic Energy Agency (IAEA) atau Badan Tenaga Atom Dunia bermarkas di area Vienna International Centre, Austria. IAEA mengemban misi untuk melakukan promosi terhadap kegiatan penggunaan tenaga atom untuk tujuan damai, seperti untuk bidang medis, industri, litbangyasa dan pembangkitan energi.

IAEA untuk mewujudkan hal tersebut telah banyak menyusun dan menerbitkan standar ataupun panduan yang direkomendasikan kepada seluruh negara anggotanya untuk memastikan dan memberikan jaminan tercapainya keselamatan (safety), keamanan (security), dan kedamaian (safeguard) dalam pemanfaatan tenaga atom. IAEA juga melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap pengembangan dan penyebaran senjata nuklir. Dengan demikian pemanfaatan tenaga atom dilakukan dengan mengambil manfaat serta kegunaan secara maksimal dan menekan serendah mungkin risiko akibat radiasi yang ditimbulkannya.

Pada salah satu organisasi PBB inilah kini saya sedang turut ngangsu kawruh bersama dengan sedulursedulur dari negara-negara anggota Uni Eropa ditambah dengan beberapa peserta dari Asia dan Afrika. Kegiatan ini tentu saja merupakan bagian kecil dari semua program dan agenda PBB untuk mewujudkan misi dan tujuannya.

VIC1

Hari ini perjalanan hari dimulai dengan rintikan hujan yang semakin menambah dinginnya Kota Vienna. Tenangnya aliran sungai Donau di sisi barat VIC seolah mengalunkan not-not karya besar Mozarts ataupun Bethoven semakin menambah khidmatnya suasana. Kini tepat pada saat HUT-nya yang ke-68, meskipun di United Nations Office at Vienna tidak terlihat adanya peringatan secara khusus, namun PBB masih tetap berdiri dan senantiasa menjadi harapan bagi milyaran warga bumi untuk terus menjalankan misi-misi damainya guna mewujudkan kehidupan bumi yang lebih baik, bebas dari perang, kemiskinan, kebodohan, serta kerusakan lingkungan hidup. Semoga harapan itu dapat terwujud secara nyata di masa depan.

 Vienna, 24 Oktober 2013

.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Raya dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s