Sambut Muktamar Blogger 2013


KUMPUL MENDINGINKAN PIKIRAN

Blogger hanya trend sesaat! Begitu pernyataan yang menantang para blogger dekade lalu. Apakah pernyataan itu benar atau salah, ternyata memang hanya waktu yang kini memberikan jawabannya. Seiring dengan kedatangan media sosial lain yang “lebih ringan”, semisal facebook dan twitter, kenyataan memang telah mencatat terjadinya pergeseran trend dalam jagad perbloggeran maupun sosok para personil blogger sendiri.

Muktamar2Pada awalnya blog memang memberikan tawaran wahana ekspresi diri dan jalinan persahabatan yang berbeda jika dibandingkan sarana internet lainnya pada dekade awal 2000-an. Blog menjadi media yang sangat menantang talenta baru untuk turut menyumbangkan konten-konten personal ataupun yang bersifak kelokalan. Maka tulisan, cerita, curahan hati, ataupun artikel serius yang dituliskan para blogger seolah menjadi media informasi tersendiri yang tersaji di dunia internet, dan kemudian bahkan berkembang menjadi penyeimbang untuk media mainstream yang dikelola secara korporat. Bloggerpun kemudian dibaiat sebagai independent journalist, atau citizen journalist, warga pewarta.

Apakah para blogger generasi awal semuanya mengidentikkan dirinya sebagai warga pewarta tersebut? Tentu saja tidak semua blogger memiliki minat dan spirit ke satu arah tersebut saja. Ada berbagai alasan ketika seseorang memiliki blog dan menjadi blogger. Ada yang ingin menyalurkan hobi menulis, ada yang ingin mendapatkan jaringan teman, mencari media pelepasan stress, menggalang kegiatan sosial, bahkan ada yang ingin sekedar nampang dan narsis. Nah pada saat dunia kemudian menawarkan media sosial yang lebih simple, ringan, dan tidak terlalu memeras waktu, tenaga dan pikiran dalam bentuk media mikroblog, pelan namun pasti barisan bloggerpun mulai mengalami seleksi alamiah dan segmentasi masing-masing.

Barisan blogger “serius” tentu saja masih bertahan dengan eksistensi dan konsistensi postingannya di blog. Sementara itu barisan blogger yang lebih santai, terutama yang hanya ingin sekedar narsis lebih banyak memilih untuk lebih aktif meng-update status di facebook atau twitternya. Apakah para blogger serius sama sekali mengabaikan media mikroblog? Saya rasa tidak! Bahkan mereka juga mendayagunakan potensi mikroblog untuk menunjang aktivitas ngeblognya. Facebook dan twitter seolah menjadi pelengkap aktivitas ngeblog. Hal inilah yang pernah disimpulkan oleh Nukman Lutfi yang kemudian menempatkan para blogger dalam “kasta teratas” dalam membuat konten informasi di internet.

Menengok sejarah perjalanan blogger dengan komunitasnya di jagad perbloggeran Nusantara, kita tentu saja tidak bisa mengesampingkan komunitas yang satu ini. Komunitas ini pada awalnya merupakan kumpulan para urban asal karang padesan yang “tersesat” merantau di rimba raya ibukota. Berawal dari blog, terjalinlah kesamaan dan persamaan yang menyatukan mereka untuk kopdar cakrukan di lingkaran Bunderan Hotel Indonesia. Dengan gaya ndesonya yang khas, duduk ngglesot di tepian trotoar, guyonan ala gojek kere yang tak bermodal, maka terkibarlah Komunitas BHI.

BHIBHI berkembang bak sebuah Negara yang memiliki perangkat tata pemerintahannya sendiri. Ada presiden, menteri keuangan, pangkopdar, dan yang pasti ada  “seksi saru-saru”. Kerasnya kehidupan Jakarta dipandang semakin tidak memberikan ruang kepada manusia yang ingin tetap bertahan menjadi manusia. Jakarta yang sangat mengkota sebagai metropolitan coba di-counter oleh BHI dengan jargon “mendesokan Jakarta”. Fenomena ini bisa jadi merupakan sebuah bentuk pertempuran atau dialektika peradaban ibukota yang wajib menjadi catatan sejarah Jakarta.

Dari sekedar obroal ngalor-ngidul sambil cakrukan yang digelar setiap Jumat malem Sabtu, ternyata tidak hanya terhenti sampai di obrolan maupun postingan di blog. Barisan BHI juga pernah menelurkan beberapa program sosial yang berkaitan dengan kemajuan dunia pendidikan di tanah air. Melalui ketulusan hati mereka, pernah tercatat agenda Blogger for Bangsari dan Gerakan 1000 Buku.

Tidak hanya terhenti pasedeluran dalam satu komunitas, antar komunitas blogger yang menjamur kala itupun, BHI senantiasa mengulurkan tangan persahabatannya.   Sejalan dengan perhelatan Pesta Blogger yang didatangi blogger-blogger dari penjuru tanah air, BHI secara rutin juga menggelar acara Muktamar Blogger yang dilaksanakan di malam menjelang Pesta Blogger. Bukan maksud sebagai sebuah tandingan secara frontal, muktamar hanyalah media sedulur BHI untuk mangayubagyo, menyambut kedatangan sedulur blogger dari berbagai daerah yang juga ingin merasakan sensasi kopdar cakrukan di pinggiran BHI yang menjadi ikon landmark-nya Jakarta.

Setelah akhirnya Pesta Blogger Byar|Pet dan kemudian padam, maka Muktamar Bloggerpun sempat vakum. Namun beberapa waktu lalu saya mendengar selentingan ramai di mailist BHI akan adanya kebangkitan kembali Muktamar Blogger. Semula acara ini akan dihelat pada pertengahan Januari. Namun apa daya, pada waktu-waktu tersebut justru ibukota diguyur curah hujan yang cukup tinggi dan menyebabkan banjir. Maka sangat tidak dimungkinkan menggelar muktamar di kawasan BHI.

Setelah sekian lama, terdengar kabar yang cukup mendadak bahwa Muktamar Blogger 2013 akan digelar pada Sabtu, 1 Juni 2013 bertempat di Aula Taman Langsat, Jakarta Selatan pukul 11.00-selesai. Demikian titah yang disampaikan oleh Mbak Ainun selaku manusia amben dalam acara ini. Maka dalam kesempatan inipun saya hanya ingin ikutan menghimbau kepada segenap keluarga blogger Indonesia untuk datang berbondong-bondong menjalin kembali tali paseduluran kita. Bagi sampeyan semua, para blogger eksis, bekas blogger, blogger baru, calon blogger, bahkan siapapun yang bukan blogger ataupun tidak memiliki blog namun eksis ngeblog ya monggo bergabung menjunjung tema “BLOGGER BUKAN BLOGGER YANG PENTING NGEBLOG”. Sukseskan Muktamar Blogger 2013! Salam blogger!

Lor Kedhaton, 23 Mei 2013

Siapapun boleh datang! GRATIS dan tanpa perlu undangan khusus.

Info lanjut:

http://www.ainun.net/2013/05/27/akhirnyaa-muktamar-blogger-2013/

http://news.liputan6.com/read/596880/muktamar-blogger-2013-siap-digelar-1-juni

http://muktamarblogger.blogdetik.com/2013/05/27/muktamar-byarpet-1434-h-2013-m/

http://bahtiar.blogspot.com/2013/05/fwd-muktamar-blogger-2013-kumpul.html

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Sambut Muktamar Blogger 2013

  1. bahtiar berkata:

    datang,
    senyum,
    sapa,
    salaman,
    duduk santai,
    ngobrol santai,
    ditemani cemilan dan minuman ringan …

    ayo -ayo …
    monggo rawuh …
    pinarak lenggah ….

    🙂

    Suka

  2. Agus Mulyadi berkata:

    Mepet tenan ki… lha berarti garek 3 dino engkas….. Janjane engin melu, lha tapi wektune ra cukup ge nabung… Semoga edisi berikutnya bisa ikut… Aamiin

    Suka

  3. Salam ya utk semuanya

    Suka

  4. pararang berkata:

    wiihhhh… ternyata mas nanang ini salahsatu proklamator nya BHI toh. jadi Soekarno nya apa Hatta nya mas ? *baruTau

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s