Ekstra Seminar di ABFI 2013


Di tengah kejenuhan sesi siang dalam rangkaian seminar di ASEAN Blogger Festival Indonesia (ABFI 2013) di Solo beberapa waktu lalu, saya dan seorang sedulur memilih lengser pawiwahan sekedar menikmati suasana Kota Bengawan. Niat hati ingin sedikit menjelajah lebih dalam ke kawasan di sekitar Gladag. Dengan memegang pepatah sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Ya, sampeyan tentu bisa paham maksudnya. Di kanan-kiri, sisi utara-selatan, perempatan Gladag dimana Patung Slamet Riyadi berdiri perkasa tanpa lelah, dikelilingi titik-titik terpenting di Kota Solo. Sebut saja ada Alun-alun Utara dan Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Masjid Agung, Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo, Kantor Walikota, Pasar Gede, dan jika malam tentu ada Gladag Langen Bogan.

Gapuro Gladag

Jiwa pengelana kami segera menuntun langkah kaki kami menapaki dan mengamati lebih dekat satu per satu tempat tersebut. Bahkan pada saat di Keraton Kasunanan, kami sempat menikmati ayunan becak yang mengantar keliling tembok istana Paku Buwono XIII tersebut. Selesai keliling, waktu telah lingsir Ashar. Kamipun memutuskan untuk menunaikan sholat di Masjid Agung Surakarta di sisi barat alun-alun. Selepas sholat, sebenarnya tekad kami adalah ambyur melebur ke Pasar Klewer. Bukan semata-mata mencuci mata, namun saya sengaja ingin mencari surjan lurik ukuran anak-anak sebagai buah tangan untuk si Ponang.

Namun tatkala kami hendak menuruni tataran di sisi depan pendopo masjid, seorang bapak menyapa kami. Satu diantara mereka bertanya, “Mase blogger ASEAN?” Mungkin pertanyaan tersebut terlontar karena kami memang menjinjing gudy bag ABFI2013 yang di salah satu sisinya terdapat logo ASEAN. Mungkin  juga acara ABFI 2013 begitu menggema, termasuk dengan beragam spanduk dan baliho di titik-titik strategis Kota Solo yang mewartakan mengenai perhelatan blogger terbesar di ASEAN tersebut. Beberapa bapak yang lain turut mendekat dan mengelilingi kami berdua.

Pertanyaan-pertanyaan pun mengalir dari bapak-bapak tersebut. Apa itu blogger? Mase mewakili daerah mana? Acaranya berapa lama? Nginepnya dimana?

Secara bergantian, kami berdua menjawab pertanyaan tersebut satu per satu. Kami menyampaikan bahwa blogger adalah kumpulan teman-teman yang sering menulis di internet. Macam-macam hal bisa dituliskan di internet. Ada yang menulis tentang buku harian, tentang hobi yang digeluti, ada yang senangnya membuat puisi, termasuk yang serius menggunakan blog untuk mendapatkan penghasilan, baik dengan cara membuat tulisan review terhadap suatu produk, memasang iklan, ataupun dengan cara membuka toko online.

Masjid Agung Solo

Ketika kami sampaikan bahwa kami datang dalam ABFI 2013 mewakili Komunitas Blogger Magelang, semula beberapa diantara bapak-bapak mengira kami orang-orang pemda.  Kami jelaskan bahwa kami bukan staf ataupun pegawai pemda. Memang kedatangan kami ke Solo mewakili Magelang, tetapi atas nama komunitas blogger  yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan Pemerintah Kabupaten maupun Kota Magelang. Kami hanya menambahkan bahwa jaringan pertemanan dan silaturahmi di dunia mayalah yang telah membawa kami ikut hadir dalam ABFI 2013 sedari tanggal 9-12 Mei 2013 yang diselenggarakan di Hotel Kusuma Sahid bergabung dengan lebih dari 250 blogger ASEAN.

Salah satu bapak sempat bertanya, “Gek peserta segitu banyaknya, nginep di hotel lagi, gek itu yang membiayai siapa Mas?”

Acara ABFI 2013 ini didukung oleh tiga kementerian, masing-masing Kementerian Luar Negeri, Kementerian Informasi dan Komunikasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Kota Surakarta. Di samping itu, banyak juga barisan perusahaan yang menjadi mitra dan sponsor acara blogger ini, semisal PT Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, detik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mendengar kata toko online disebut, Mas Roni, salah satu diantara para bapak semakin antusias dan bertanya lebih mendalam. Mas Roni adalah seorang penjual aneka buku di sebuah toko di bilangan kampung Kauman, tak jauh dari Masjid Agung Surakarta. Ia mangaku pernah diajak kawannya di Jogja mengikuti pelatihan tentang toko online. Namun karena waktu pelatihan hanya sehari, apa yang baru pertama kalinya ia dengan dan lihat presentasinya dirasakan terlalu banyak materi yang diberikan, hingga yang terjadi justru ketidakpahaman, bahkan kebingungan. Jan-jane toko online ki gek apa? Sebenarnya toko online itu apa?

MasRoni1  MasRoni2

Pelan-pelan rekan saja menjelaskan. Era sekarang adalah era informasi. Salah satu media informasi yang semakin maju adalah internet. Di internet kita bisa membuat blog ataupun website yang bisa difungsikan untuk mempromosikan barang ataupun jasa.  Kita tinggal memasang foto-foto dari produk yang kita jual dengan disertai keteranga-keterangan selengkapnya, seperti harga, bahan, model atau jenis, keunggulan produk serta layanan yang dapat diberikan. Dalam bisnis atau toko online, hal yang utama harus diperhatikan adalah kepercayaan pelanggan. Kepercayaan tersebut bisa diwujudkan melalui kualitas produk, kemudahan transaksi, dan pengiriman yang cepat. Di sinilah kejujuran harus dijunjung tinggi jika bisnis kita ingin bertahan dalam jangka panjang.

Internet adalah jaringan maya yang terhubung secara global ke seluruh dunia. Apabila kepercayaan dan mutu bisa konsisten dilakukan dengan penuh kejujuran, maka pelanggan-pelanggan tidak akan segan-segan untuk memberikan komentar, catatan ataupun testimoni mengenai produk ataupun jasa yang didapatkan di toko online kita. Tak  segan-segan, merekapun akan merekomendasikan teman, kerabat ataupun keluarganya apabila membutuhkan barang ataupun jasa yang serupa untuk membelinya dari toko online kita. Kepercayaan akan semakin meningkat dan jaringan usaha akan semakin meluas, dan pastinya omset usaha kita juga bertambah.

Sebaliknya, jika sekali saja kita curang di bisnis online, misalnya dengan memberikan produk yang tidak sesuai dengan apa yang kita gambarkan melalui toko online kita, apalagi dengan menipu pelanggan seperti tidak mengirimkan produk setelah mereka melakukan transaksi pembayaran, maka bisnispun akan dihujat dimana-mana. Pelanggan yang kecewa dan merasa dibohongi bisa saja akan menyebarluaskan pengalaman pahitnya melalui komentar-komentar di portal online kita, di situs jejaring sosial yang lebih luas, bahkan melalui review di blognya jika ia kebetulan seorang blogger. Maka cepat dan pasti reputasi dan brand yang susah-susah telah dibangun akan hancur dalam hitungan sekejap mata. Dunia akan menghujat kita dan rusaklah nama baik serta masa depan usaha kita.

 Salah satu lagi kunci di bisnis online adalah calon konsumen hanya ingin membeli hal-hal yang memang menjadi kebutuhannya. Mereka mungkin akan terlebih dahulu mencari informasi di mesin pencari untuk mengetahui secara detail sesuatu yang sedang dibutuhkannya. Maka semakin unik, antik dan spesial hal yang kita jual, peluang pangsa pasarnya justru akan semakin luas. Inilah yang disebut sebagai diferensiasi produk! Selanjutnya produk yang sudah khusus, antik bin unik tersebut jika sudah terbukti dijual dengan penuh kejujuran, maka pelan namun pasti akan membentuk branding yang lama-lama akan semakin menguat seiring peningkatan tingkat kepercayaan pelanggan.

Masjid Agung Solo2

Ngobrol naglor ngidul di sore itu terus bertimbal-balik seolah tiada akan ada habisnya. Satu pertanyaan dijawab, segera meluncur pertanyaan yang lainnya. Dalam waktu yang hampir dua jam tersebut, justru kami merasa seolah sedang berbagi pengetahuan dalam sebuah mini seminar  atau mungkin lebih tepat jika disebut sarasehan tentang blogging. Meskipun waktu berjalan semakin senja, kami sebenarnya sangat sungkan untuk mohon diri dari kumpulan para bapak itu. Namun tatkala waktu mendekati 16.30, beberapa diantara para bapak pamit undur diri hingga hanya meninggalkan Mas Roni.

Akhirnya tak berapa lama kemudian, mini seminar tersebutpun bubar dengan salam paseduluran dari Mas Roni. Ia berpesan agar bila pada kesempatan lain ke Solo, kami mau menyempatkan untuk mampir di tokonya yang tidak jauh dari Masjid Agung Surakarta. Kamipun yakin bahwa pertemuan kami memang sudah digariskan oleh Tuhan dan semoga persaudaraan yang sudah sempat terjalin tersebut ke depan bisa terus tersambung. Meskipun sore itu kami gagal ke Pasar Klewer karena toko-tokonya keburu tutup, namun kami merasa mendapatkan anugerah nikmat yang jauh lebih luar biasa, yaitu bertemu dengan sedulur-sedulur dan saudara baru. Inilah mungkin hikmah silatuhami.

Ngisor Blimbing, 25 Mei 2013

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Ekstra Seminar di ABFI 2013

  1. Agus Mulyadi berkata:

    Pas rampungan acara ABFI kae, mas Roni nelpon aku, rak ngajak aku dolan2 keliling Solo, tapi posisiku wis meh tekan stasiun, wah jan, mungkin lain kali….

    Suka

  2. Sudah cukup banyak yang menjadi korban mereka, karena itu melalui kompasiana ini saya akan coba informasikan kembali keberadaan toko online palsu tersebut, kurang lebih 202 toko online palsu yang masih bergentayangan di dunia maya, modal mereka untuk membuat situs Toko Online palsu hanya dengan mempunyai hosting dan domain murah atau gratis serta dengan mengcopy isi dari situs lain. Hal ini sepertinya dilakukan untuk mempersulit pelacakan dan mengaburkan informasi tentang mereka. Dan ada pula yang menggunakan account facebook yang telah mereka hack untuk menjerat korbannya.

    Suka

    • sang nanang berkata:

      nah itu dia oknum yang tidak bertanggung jawab, menggunakan toko online utk menipu dan merugikan orang lain…..monggo lebih berhati-hati

      Suka

  3. Nurings berkata:

    “kepercayaan”, yang mendasarinya..berat Om..hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s