Yang Baru di Tahun Baru


Tahun baru pastinya selalu membawa hal yang baru. Tentu saja hal yang baru yang saya maksudkan tidak harus berupa pakaian baru, sepatu baru, hp baru, motor baru, mobil baru, rumah baru, apalagi istri atau pacar baru. Paling tidak dengan datangnya tahun baru, semua orang memiliki harapan baru, semangat baru, dan hari-hari baru untuk menjadi lebih baik dari waktu-waktu yang telah berlalu.

 NgisorBlimbing1 NgisorBlimbing2

Adalah sebuah keniscayaan bahwa roda waktu akan selalu berputar selama dunia belum kiamat. Dalam setiap pergantian waktu, dari detik ke detik, dari menit ke menit, dari jam ke jam, dari hari ke hari, dari bulan ke bulan hingga dari tahun ke tahun selalu merupakan sebuah momentum datangnya peluang bagi manusia untuk  melakukan sesuatu yang ingin dicapainya. Kesempatan telah dihamparkan kepada manusia untuk mendayagunakan pikiran, tenaga, waktu dan segala daya kemampuannya untuk mengisi setiap jejak langkah hidupnya. Manusia memiliki kemerdekaan penuh untuk mengisi lembar kehidupannya, tinggal apakah ia mau dan mampu untuk melakukannya.

Setelah lewat dari “jebakan” toeri kiamat  yang konon datang pada 121212 (12 Desember 2012) ataupun 211212 (21 Desember 2012), realita menunjukkan bahwa dunia masih tetap berputar hingga detik ini. Bagaimanapun canggihnya manusia menebak kehendak Tuhan, nalar dan otak manusia sesungguhnya tidak akan pernah memahami sepenuhnya takdir yang akan datang. Lalu pembaharuan apa yang sudah kita coba untuk dilakukan dalam sisa umur yang masih kita miliki ini?

 NgisorBlimbing3 NgisorBlimbing3

Hari baru dan tahun baru inginnya selalu membawa kepada harapan baru. Sebuah harapan baru setidaknya bisa dimulai dari membuat suasana baru yang bisa menginspirasi munculnya ide dan gagasan-gagasan baru. Suasana baru yang saya maksudnya tentu saja bisa dimaknai dengan suasana fisik maupun kebatinan yang mewarnai lingkungan sekitar kita. Suasana jiwa atau hati kita sangat dipengaruhi oleh suasana yang terbangun secara fisik. Maka tidaklah berlebihan jika kita ingin mendapatkan perubahan suasana kebatinan baru, kita terlebih dahulu membuat perubahan fisik sekitar.

NgisorBlimbing5Ide inilah yang selanjutnya menggerakkan naluri, kemudian otot, tangan dan segenap anggota tubuh untuk melakukan beberapa penataan ulang di gubug Ngisor Blimbing kami. Bukan hal yang terlalu besar dan signifikan, tetapi paling tidak cat tembok di gubug yang sudah sempat kusam dan mengapur dimakan makan waktu telah berganti dengan warna dan aura cahaya yang baru. Demikian halnya dengan warna plafon yang sudah dipenuhi totol-totol di sana-sini juga sudah diputihkan kembali. Di samping itu beberapa koleksi pustaka yang sempat amburadul juga telah mengalami beberapa sentuhan penataan ulang.

Bagaimanapun sebuah gubug adalah tahta dan singgasana wong cilik seperti kami. Dari gubug itulah segala inspirasi dan nafas hidup kami mulai. Rumah gubug, meskipun sempit, sederhana, bahkan ala kadarnya adalah “istana” dimana hati, jiwa dan raga kami bersemayam untuk turut memberikan warna ke segenap penjuru dunia. Meskipun tidak harus memiliki barang baru di tahun yang baru ini, namun suasana baru harus tetap terbangun untuk memberikan inspirasi dan semangat baru guna memompa harapan baru di kehidupan yang lebih baik. Semoga dengan sedikit langkah kecil ini bisa membangkitkan kreativitas-kreativitas karya baru yang dapat berguna bagi sesama. Setidaknya itulah yang kami lakukan di gubug Ngisor Blimbing, bagamaina dengan Sampeyan? Apakah ada terget resolusi di tahun baru ini?

Ngisor Blimbing, 7 Januari 2013

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Ngisor Blimbing dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s