Rekam Jejak Bala Tidar 2012


Malam terakhir di penghujung tahun ini berselimut mendung. Letihnya raga menjalani beberapa penggawean membuat diri ini, sebagaimana di tahun-tahun yang lain, lebih memilih menyambut tahun baru dengan berdiam diri di tepi kesunyian. Merenung dan mawas diri, mengukur panjang jalan yang telah tertempuh setahun penuh. Ada suka, ada duka. Ada canda, ada tawa, ada pula air mata. Rupanya Tuhan telah menganugerahkan warna-warni kehidupan yang membuat hidup saya terasa semakin hidup.

Sebagai pribadi blogger yang menjadi bagian besar sedulur-sedulur Bala Tidar, sudah pasti setahun ke belakang ini ada catatan dan goresan khusus yang akan terukir sejati menjadi bagian kisah hidup yang tidak akan pernah terhapuskan. Tahun 2012, bagi sebagian besar sedulur Bala Tidar, mungkin menjadi tahun yang sedikit redup dengan minimnya momentum kebersamaan yang semakin jarang bisa menyatukan Bala Tidar di dunia off line. Namun demikian, kami semua nampaknya harus senantiasa mengucapkan syukur kepada Gusti Alloh yang telah menakdirkan beberapa diantara kami tetap memiliki kencenging pikir dan komitmen kuat untuk tetap berpegang dalam tali paseduluran yang kami ikrarkan tanpa batas.

Beberapa catatan yang dapat saya rangkumkan dari tandang gawe dan kiprahnya Bala Tidar di ranah jagad padhang, diantaranya adalah:

panti_ar_rahmanBulan Januari. Meskipun awal tahun, namun Bala Tidar sudah membulatkan tekad dan langkah untuk kembali menggelar Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan (LMSP 2012). Beberapa persiapan sudah mulai dilakukan di bulan ini, mulai dari pematangan konsep, perencanaan kegiatan, sosialisasi, bahkan pencarian mitra dan sponsor. Di samping persiapan LMSP, beberapa sedulur Bala Tidar juga terus aktif berbagi pengetahuan dan keterampilan komputer kepada adik-adik di Panti Asuhan Ar Rahman, khususnya dilakukan pada setiap Jum’at sore.

Februari, bulan yang cukup sibuk dengan sosialiasi LMSP. Meskipun Bala Tidar yang turut turun tangan menggawangi kegiatan ini bisa dibilang sangat sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun semangat juang mereka sangat-sangat luar biasa. Tak lelah satu per satu sekolahan dikunjungi untuk mengedarkan undangan lomba dan seminar. Demikian halnya dalam gerilya mencari dukungan sponsor. Para pahlawan relawan sejati ini tak mengenal pamrih sedikitpun dalam menjalankan amanat di pundaknya. Tidak hanya pikiran dan tenaga dicurahkan, bahkan uang bensin dan transportasi tidak pernah dihitung. Kami “bekerja bakti” dengan prinsip rame ing gawe lan sepi ing pamrih.

lm2012banner lmsp2012

Maret hingga pertengahan April adalah rentang waktu pelaksanaan lomba menulis tingkat pelajar yang mengangkat tema “Membaca Alam Membaca Kalam”. Hari demi hari selalu dihitung oleh sedulur Bala Tidar dengan penuh perasaan dagdigdug dan kekhawatiran yang mendalam. Hingga minggu ke tiga, belum juga ada tulisan yang dikirimkan peserta lomba. Namun demikian, di hari-hari terakhir justru datang kiriman naskah lomba berlomba-lomba. Barangkali memang kultur masyarakat kita yang suka nyrempet-nyrempet waktu dateline dalam urusan tanggung jawab, ataupun pekerjaan apapun. Meskipun tidak terjadi peningkatan jumlah peserta lomba secara signifikan, namun kami tetap patut bersyukur bahwa itikad dan kerja kami tidak sia-sia, bahkan mendapatkan perhatian dari beberapa kalangan.

images Kawagoe-3 Asakusa-6 Meiji Shrine-1

Di pertengahan bulan Maret, atas anugerah yang tiada terkira dari Kang Hakarya Jagad, saya berkesempatan melanglang ke negeri Jepang. Kepergian saya tersebut dalam rangka mengikuti program pertukaran antar pemuda (JENESYS Programme) se-ASEAN, Asia Timur, Asutralia dan Selandia Baru atas undangan dari Japan Foundation. Bukan secara kebetulan karena kehadiran saya di forum tersebut berkenaan langsung dengan aktivitas selaku citizen journalist atau independet journalist. Selama dua minggu penuh, kami serombongan diajak berkeliling setengah wilayah Jepang, mulai dari Tokyo hingga pulau Kyusu di ujung selatan. Beberapa tempat yang saya kunjungi diantaranya METI, Asakusa, Meiji Jingu Shrine, Ginza, Kawagoe, Haneda, Panasonic, PLT Geothermal Haccobaru, Beppu, Mitsubishi, Yokohama, hingga Osaka. Sarana transportasi domestik Jepang yang sempat saya nikmati diantaranya ANA Air dan kereta super cepat Shinkanzen. Inilah rejeki nomplok selaku blogger yang pernah saya rasakan.

Di penghujung bulan April, ada dua event penting di jagad perbloggeran yang sempat saya hadiri. Momentum pertama adalah acara Intip Buku dan peluncuran bukunya Om Jay yang berjudul Menulis setiap Hari dan Merasakan Apa yang Akan Terjadi. Dalam acara tersebut hadir narasumber beberapa blogger tenar, diantaranya Kang Pepih Nugraha (wartawan Kompas), Imam FRK (mahasiswa penulis), Taufiq Effendi (Dosen muda UNJ), Prayitno Ramlan (purnawirawan TNI AU), Johan Wahyudi (pendidik), Iskandar Zulkarnain (Kompasiana). Sungguh sebuah momentum kopdaran yang luar biasa penuh taburan butiran ilmu dan pengetahuan.

iB3 FTIK1

Masih di bulan April, saya juga berkesempatan mewakili sedulur Bala Tidar di perhelatan Wilujeng Surfing yang digelar di STT Telkom Bandung. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini berisi puluhan workshop dan seminar yang berkaitan langsung dengan dunia IT. Yang paling menyenangkan di acara ini adalah hadirnya ratusan blogger dari seluruh penjuru Nusantara, meski tentu saja didominasi dari pulau Jawa. Di sana pulalah saya bertemu dengan banyak dedengkot blogger Indonesia, seperti Pakdhe Blonthang, Kang Kombor, Gajah Pesing, arek TPC, Ponorogo, Plat-M, Bengawan, Pak Nukman, dll.

juara1_sma juara1_smp juara2_smp  juara3_smp juara2_sma juara3_sma

Mei adalah puncak gawe-nya Bala Tidar. Bertempat di Gedung Wanita, kami menghelat acara Seminar Pendidikan bertema Pusaka di Balik Pustaka:”Revitalisasi Budaya Membaca”. Bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Kota Magelang dan beberapa sponsor, seperti Telkomsel Magelang, Polaris FM, dan Pandi, seminar dihadiri sekitar 150-an peserta. Hadir selaku narasumber adalah Ibu Sugiarti (Perpusda Kota Magelang), Sholahudin Al Ahmed(Suara Merdeka), Lusia Dayu (NBC Magelang) dan Pakdhe Blonthang (Bengawan). Meskipun dari segi kepanitiaan sangat minimalis sehingga kami yang ber-10 harus jungkir balik mengurusi setiap detail seminar, namun kamu bersyukur acara dapat berjalan dengan lancar. Inilah catatan sukses terbesar kami di tahun 2012 ini.

Juni hingga Juli nampaknya menjadi hari dan bulan relaksasi Bala Tidar, selepas puncak kegiatan LMSP 2012. Namun demikian, sebagai komitmen dari panitia untuk dapat menerbitkan naskah-naskah lomba yang masuk mengikuti kompetisi dalam sebuah buku, maka beberapa diantara Bala Tidar tetap sibuk mengurusi penyuntingan dan desain buku. Sayangnya hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai keberlanjutan proyek tersebut.

Agustus merupakan penghujung bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal. Meskipun tidak ada agenda Lailatul Kopdar sebagaimana dua tahun sebelumnya, namun masing-masing kami sibuk menyelami hadirnya Lailatul Qodar dengan cara kami masing-masing. Di awal bulan Agustus, saya sempat menghadiri MODIS (Monthly Disscussion) yang digelar oleh Kompasiana di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mengangkat tema Pengelolaan Sampah. Memasuki Hari Lebaran, beberapa Bala Tidar sempat Kopdar Syawalan di Ringin Tengah Alun-alun Magelang, yang dilanjutkan dengan menikmati bersama Festival 1000 Balon di Masjid Agung Payaman. Atas undangan Komunitas Kota Toea Magelang, perwakilan Bala Tidar juga sempat mengikuti Temoe Kangen Kerabat Kota Toea Magelang di rumah makan Voor de Tidar.

13440955111291832518 HutBeBlog4 copy 1347148049883288822

September menjadi momentum penting bagi Komunitas Blogger Bekasi (Be-Blog) karena mereka memperingati HUT ke-3. Bertempat di Balai Patriot Kota Bekasi, saya sempat menghadiri perayaan HUT yang mengambil tema “Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan”. Uraian menarik mengenai bagaimana menjadi Blogger yang Sukses dan Mulia diuraikan oleh Jamil Azaini, seorang motivator yang juga menekuni dunia blog.

Bulan Oktober adalah bulan yang sangat bersejarah bagi blogger di Indonesia. Di bulan inilah diperingati Hari Blogger Indonesia yang telah ditetapkan setiap tanggal 27 Oktober, semenjak tahun 2007 di Pesta Blogger I. Dalam rangka Hari Blogger itulah, saya sempat mewakili Bala Tidar untuk turut hadir di acara seminar dengan tema “Merumuskan Bahasa dalam Media Online dan Jurnalisme Warga”, pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012, bertempat di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta. Hadir selaku narasumber dalam acara tersebut Masmimar Mangiang (Dosen Komunikasi UI), Pepih Nugraha (Manajer Redaktur Kompas), dan Ivan Lanin (Wikipedia Indonesia).

GajahMada BN1 BN2012-1 FR1

November memiliki Hari Pahlawan. Di momentum tanggal itu pulalah digelar Kopdar Akbar Blogger Nusantara II di Makassar, Sulawesi Selatan. Tantangan yang sangat berat bagi sebagian blogger Nusantara untuk dapat turut hadir di kopdar terbesar yang digelar di luar pulau Jawa. Namun demikian, demi menyambukang tali silaturahmi saudara sebangsa setanah air, saya berangkat memenuhi panggilan dari Daeng Ipul dari Komunitas Anging Mammiri. Kopdar akbar yang dihadiri lebih dari 600a-an blogger tersebut berlangsung selama dua hari yang diisi dengan sesi seminar dan workshop, serta anjangsana wisata di sekitaran Makassar.

Desember….hmmm. Di bulan ini saya pribadi nihil dari aktivitas kopdar blogger. Di penghujung tahun, 31 Desember 2012, kembali perjalanan pengelanaan blogger saya ingat dan rekam kembali ke dalam postingan ini. Semoga ke depan kita semua di barisan Bala Tidar dapat lebih komitmen dan konsisten dalam menjalani amalan ibadah di jalur blog ini, sehingga dapat mencetuskan ide-ide positif yang akan menjelma menjadi program maupun agenda yang bermanfaat untuk sesama. Monggo sedulur! Salam Blogger !

Ngisor Blimbing, 31 Desember 2012

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Rekam Jejak Bala Tidar 2012

  1. Sawali Tuhusetya berkata:

    sebuah rekam jejakbala tidar yang positif sepanjang 2012, mas nanang. semoga di tahun 2013 nanti bala tidar makin kuncara saindenging nuswantara.

    Suka

  2. bahasa para blogger senior memang beda….dalem banget, manteb, rapi lan ngispirasi, salut ! yuk 2013 lebih joss meski kopdar magelang sampai lailatul kopdarnya belum pernah saya ikuti, semoga…

    Suka

    • sang nanang berkata:

      yo soal bahasa jane sama saja, cuman mungkin soal jam terbang saja yang berbeda….jadi jangan takut untuk terus berproses menjadi lebih baik

      Suka

  3. abu4faqih berkata:

    Gek pirang dina aku balik Magelang, mumpung preinan cah sekolah, Magelang wis ketok bedha ya. Sayange aku ora sempet mampir nang bukit Tidar, padahal omah bapak-ibuku ora adoh saka kono. Mas, aku cilik nganti gedhe (SMA) nang Magelang, saiki golek pangan nang Depok. Pingin gabung komunitas Pendekar Tidar oleh pora?

    Suka

  4. ardyone berkata:

    Memang jempolan mas nanang…
    Harus banyak belajar lagi ma mas nanang…

    Suka

  5. Seo Book berkata:

    Greetings from Carolina! I’m bored at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I really like the information you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m shocked at how fast your blog loaded on my phone .. I’m
    not even using WIFI, just 3G .. Anyways, excellent site!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s