Indonesia – Malaysia Bersaudara dalam My Selangor Story 2013


MASSSemenjak masa kecil dahulu, di koran-koran, majalah dan surat kabar yang pernah saya baca selalu menyebutkan bahwa Malaysia adalah saudara serumpun. Ibarat kumpulan rumpun pohon bambu,  Indonesia – Malaysia memiliki persamaan akar budaya Melayu yang sangat karib. Di samping akar kemelayuan, sebagai sesama negara berwarga negara mayoritas muslim, keduanya memiliki persamaan senasib sepenanggungan ketika menjadi tanah jajahan bangsa barat. Fakta sejarah telah mencatat peran persahabatan  kedua negara dalam memperjuangkan dan mempelopori kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia ketiga, termasuk kiprah di ASEAN, Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan Gerakan Non Blok.

 

Sebagai sebuah jalinan tali persaudaraan, tentu ada juga masa pasang surut. Di awal tahun 60-an, bahkan Indonesia berkonfrontasi dengan Malaysia akibat perselisihan penggabungan Malaysia Timur yang kemudian hari juga melahirkan negeri Singapura. Konflik batas negara, klaim seni budaya, permasalahan tenaga kerja asal Indonesia (TKI), hingga isu bentrok suporter sepak bola di ajang piala AFF, terus menjadi riak-riak kontraproduktif terhadap hubungan persahabatan kedua negara. Terakhir justru publik kembali bersitegang akibat pernyataan pribadi Mantan Menteri Penerangan Zainuddin Maidin yang mengatakan bahwa BJ Habibie sebagai pengkhianat bangsa Indonesia. Sebuah ungkapan yang sangat kontroversial!

GedungSate  GembiroLoka

Di balik hiruk-pikuk berita yang beredar di media massa mainstream seperti koran dan televisi, sesungguhnya kalangan masyarakat akar rumput selalu baik-baik saja dan tidak pernah bersikap saling memusuhi satu sama lain. Kunci dari berbagai selisih paham yang terjadi adalah kurangnya informasi yang proporsional dan memadai terhadap isu-isu penting dan sensitif. Oleh karena itu di samping jalur diplomasi resmi kedua negara, masyarakat akar rumput juga harus membentuk jembatan perkenalan, persahabatan, serta persaudaraan sebagai people to people relationship. Peran inilah yang salah satunya diemban oleh para blogger melalui kegiatan independent journalism atau citizen reporter-nya.

Sebagai sesama anggota ASEAN, Indonesia – Malaysiapun sepakat untuk mewujudkan terbentuknya komunitas Masyarakat ASEAN pada tahun 2015. Blogger dapat memerankan posisi sebagai salah satu pilar untuk mempererat hubungan sosial dan budaya. Hal inilah yang menginspirasi  terbentuknya ASEAN Blogger Community (ABC) yang dideklarasikan sejak 2011. Saya selaku salah satu penggiat blogger di daerah tentu saja turut mendukung spirit persaudaraan serumpun melalui ABC Chapter Indonesia.

TamanBudur

Saya dilahirkan dan dibesarkan di wilayah yang memiliki candi Budha terbesar di dunia yang dikenal sebagai Candi Borobudur yang berdampingan dengan Merapi sebagai gunung berapi teraktif di dunia. Melalui Komunitas Blogger Magelang, saya dan beberapa rekan bertekad untuk memperkenalkan potensi wisata di daerah kami ke seluruh penjuru dunia. Melalui aktivitas tour and travelling, kami catatkan kekayaan seni budaya, sejarah, keindahan alam, nilai kearifan lokal, dan khazanah kuliner warisan leluhur ke dunia maya.

TamanBudur3“Blogging, Travelling, Fun, and Adventure” sebagai tema program My Selangor Story 2013 sangat sejalan dengan motto komunitas kami untuk “menduniakan” tanah kelahiran dan kampung halaman kami. Spirit jajah deso milangkori, menjelajah dari satu desa ke desa lain, berpetualang memperkaya wawasan dan pengalaman hidup dalam suasana keriangan adalah ruh seorang blogger dalam mengarungi aktivitas blogging di dunia maya. Tidak ada batasan lagi antara dunia nyata dan dunia maya. Keduanya harus didayagunakan untuk menebarkan persahabatan, persaudaraan, kerukunan, dan kedamaian demi terwujudnya tatanan kehidupan dunia yang harmonis.

Selangor setahu saya adalah salah satu negara bagian yang dimiliki Malaysia dimana kota Kuala Lumpur berada. Jika Malaysia mampu mengedepankan diri sebagai negara tujuan wisata terkemuka dan terkenal di dunia sebagaimana telah diakui juga oleh United World Tourism Organization (UNWTO), maka akan sangat menarik untuk turut menikmati obyek pariwisata di sana dengan mata kepala sendiri sambil memetik pembelajaran berharga dalam mempromosikan potensi wisata, terkhusus melalui media blog. Menara kembar Petronas, Putrajaya, Genting Kra, hingga Melaka akan sangat menarik untuk dikunjungi dan menginspirasi hidup. Akankah Tuhan mengabulkan keinginan saya? Sampai jumpa di Selangor Story 2013 programme! (semoga)

Foto dari koleksi pribadi dan Tlatah Bocah.

Ngisor Blimbing, 21 Desember 2012

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Indonesia – Malaysia Bersaudara dalam My Selangor Story 2013

  1. giewahyudi berkata:

    Tidak hanya di kalangan atas, akar rumput justeru lebih bergejolak. Malaysia? Sudah jelas musuh kita.. *iket bendera merah putih*

    Suka

    • sang nanang berkata:

      mestinya sih yang di atas membuat kebijakan yang adil bagi kedua belah pihak, sedangkan di akar rumput kedepankan rasa persaudaraan dan persahabatan….nek mung nuruti emosi biasene getun mburi

      Suka

  2. Saleh Drehem berkata:

    Semoga terpilih ^^

    Suka

  3. farizalfa berkata:

    semoga saja menang mas, sya turut mendo’a kannya. hehehe
    🙂

    Suka

  4. adikcilak berkata:

    Loh mas nanang mau kemana. Ikutan dong ke Selangor nya ^_^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s