Santoso, Bus Malam Cepat Kepercayaan Warga Magelang


Santoso3Roda jaman memang terus berdinamika  semakin cepat. Mobilitas barang dan jasa semakin tinggi, demikian halnya dengan mobilitas orang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan infrastruktur perhubungan yang semakin maju, seperti sarana jalan dan yang tidak kalah pentingya adalah kendaraan transportasi.

Magelang memiliki posisi yang sangat sentral di tengah pulau Jawa. Kewilayahan Magelang yang tidak memiliki garis pantai, tentu menjadikan Magelang hanya memiliki kemungkinan pengembangan sarana transportasi darat ataupun udara. Untuk sarana transportasi udara, nampaknya untuk saat ini hingga beberapa tahun ke depan, masih belum akan berkembang karena dari pertimbangan ekonomi masih lebih efektif menginduk ke bandara Adi Sucipto di Yogyakarta, maupun Ahmad Yani di Semarang. Bahkan untuk akses ke Adi Sucipto – Magelang, sudah beberapa tahun ini dilayani dengan bus DAMRI yang sangat terjangakau bagi kebutuhan warga.

Di sisi lain, untuk sarana transportasi darat, Magelang sudah sangat lama sayonara terhadap kereta api. Di masa Hindia Belanda, maupun awal orde lama, layanan kereta api jurusan Jogja – Ambarawa, maupun Magelang – Purwokerto melalui Temanggung dan Wonosobo mengalami masa kejayaannya. Namun kisah kereta api di Magelang tinggal menjadi sejarah dan menyisakan beberapa ruas lintasan rel yang masih bisa ditemukan di beberapa titik saja. Maka transpotasi darat yang kemudian menjadi urat nadi sarana perhubungan adalah angkot, engkel, ataupun bus lokal dan antar kota antar provinsi.

Untuk transportasi antar kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, hingga Sumatera telah banyak dilayani armada bus, baik yang berpangkalan asli di Magelang maupun kota lain. Khusus jurusan arah wilayah pulau Jawa bagian barat dan Sumatera, layanan bus didominasi oleh bus malam. Beberapa armada yang melayani warga untuk tujuan tersebut diantaranya PO Santoso, Handoyo, Ramayana, dan Putra Remaja. Rata-rata semua armada tersebut menyatakan diri sebagai bus malam cepat.

Apa sih yang diinginkan pelanggan bus malam cepat? Tentu jawaban standar akan didapatkan, seperti kenyamanan, kecepatan dan ketepatan waktu, jaminan keselamatan, dan yang paling menentukan adalah soal harga atau tarif. Untuk penumpang kelas menengah, bisa jadi bus Santoso menjadi pilihan. Beberapa hal yang menjadikan pelanggan bus malam cepat yang satu ini diantaranya harga yang relatif terjangkau, dan faktor ketepatan atau kecepatan waktu tempuh. Untuk tarif, saat ini PO Santoso mengenakan kisaran dari Rp. 85.000,- hingga sekitar Rp. 130.000,- mulai dari kelas ekonomi, utama, bisnis (Patas AC, AC non toilet), hingga eksekutif.

Santoso1

Layanan trayek bus Santoso yang mencapai Klaten dan Gunung Kidul menjadikan pelanggan Santoso tidak hanya berasal dari warga Magelang saja, tetapi luas hingga Klaten, Gunung Kidul,  Jogjakarta, Sleman, hingga Temanggung. Trayek tujuan Santoso di Jabodetabek dan sekitarnya meliputi Bekasi, Pulogadung, Mampang, Lebak Bulus, Kampung Rambutan, Bogor, Grogol, Tanjung Priok, Tengarang, Balaraja hingga Cilegon dan Merak.

Ibarat pepatah ono rego ono rupo, bus Santoso sebenarnya sangat memanfaatkan celah tersebut. Pelanggan yang membutuhkan fasilitas bus yang paling ekslusif mungkin tidak akan menggunakan bus ini. Sebaliknya pelanggan yang memiliki keterbatasan uang, mungkin akan memilih armada yang laing murah meskipun dengan standar kenyamanan yang lebih rendah pula. Diantara itu semua, Santoso nampaknya menempatkan posisi di tengah-tengah segmen pelanggan tersebut.

Namun demikian, meskipun Santoso sudah memiliki segmen pelanggan yang setia dengan layanannya, tidak harus menjadikan kualitas pelayanan dan kenyamanan menjadi diabaikan sama sekali. Kondisi bus yang rata-rata sudah memasuki masa penuaan sedikit banyak menurunkan kualitas kenyamanan yang diinginkan pelanggan. Diantara keluhan yang sering mengemuka, semisal kondisi AC yang payah, toilet yang tidak terawat kebersihannya, termasuk kehandalan serta perawatan kendaraan yang seringkali menjadikan bus mogok. Bahkan untuk bus kelas VIP Eksklusif hanya dilengkapi dengan TV mati yang terkesan hanya menjadi asesories semata (sepengetahuan kami, belum pernah menikmati layanan tv yang memutar siaran televisi maupun video), termasuk sekedar iringan musik. Mungkin hal ini di masa mendatang harus menjadi perhatian manajemen sebagai sebuah standar pelayanan minimal yang harus dipenuhi dan agar pelanggan tidak beralih ke armada lain jika memang suatu saat ada pesaing yang mampu memberikan kualitas layanan yang lebih baik dengan harga tiket yang bersaing.

Santoso2

Bagaimanapun masih banyak hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan oleh PO Santoso, namun sekian lama armada yang dimiliki putra daerah ini telah banyak mengukirkan jasa kepada warga yang membutuhkan layanan jasanya. Bahkan diantara pelanggan setia Santoso telah mendeklarasikan diri dalam wadah Santoso Mania. Kesetiaan atau loyalitas pelanggan setia Santoso ini harus diapresiasi dan mendorong manajemen untuk melakukan peremajaan armada dan peningkatan layanan serta kenyamanan para pelanggannya. Bagaimanapun pelanggan adalah raja yang akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis armada ini di masa yang akan datang. Maka antara perusahaan dan konsumen harus ada keseimbangan hak dan kewajiban. Sama-sama saling membutuhkan, maka diantara keduanya harus bersikap sithik edhing. Pelanggan membayar tarif tiket, maka penguasaha armada harus memberikan kualitas jasa yang terbaik. Di sinilah letak simbiosis mutualisme diantara keduanya mendapatkan titik temu yang adil dan seimbang.

 

Alamat Kantor Pusat PO Santoso

Jln. Soekarno – Hatta No.22 Telp.(0293) 363715 Magelang

Ngisor Blimbing, 2 Desember 2012

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Magelangan dan tag , , , , . Tandai permalink.

39 Balasan ke Santoso, Bus Malam Cepat Kepercayaan Warga Magelang

  1. Agus Mulyadi berkata:

    aku wis dadi langganan mas, nek diibaratke koyo lagune katon bagaskara, “tak bisa pindah ke lain hati”…. lungo adoh mesti numpak santoso, trus kalo ditanya “emang ada yang lebih baik dari santoso?” jawabane “yang lebih mahal, banyak!”

    Suka

  2. ikhsan berkata:

    Dulu waktu masih di bolak balik Sukabumi- magelang Jarang pake Santoso, karena sering mogok, selain itu servicenya masih kalah sama Po Budiman,
    Mereka krunya ramah2, dan jarang di oper di tengah jalan 🙂

    Suka

  3. giewahyudi berkata:

    Kalau enggak salah ada juga yang sampai Jakarta-Magelang dan sekitarnya ya, Mas?
    Santosa memang salah satu bus yang termasyhur di jalur pantura. 🙂

    Suka

  4. Agus Mulyadi berkata:

    Pokoke, nek arek bali ng magelang seko jakarta, Santoso (plus Handoyo) wis dadi harga mati…. hehe

    Suka

  5. lutvy berkata:

    aku belum pernah coba,,

    Suka

  6. mas wawan,, berkata:

    kpan sok neng magelang,

    Suka

  7. andi aska berkata:

    Mantap ini langganan bekasi – magelang, udh 3 thun ga pulang ke magelang..dadi kangen cara salip-menyalip 🙂 maknyoss santoso

    Suka

    • sang nanang berkata:

      kini kondisi fisik jalan dan kepadatan jalur pantura sering menjadi penghambat Santoso untuk tiba tepat waktu di tujuan…..

      Suka

  8. Intan berkata:

    Paling malam dari Jakarta jam berapa yah mas untuk bus santoso dan darimana saja? Mohon bantuannya

    Suka

    • sang nanang berkata:

      Kebanyakan sih berangkat dari terminal atau agen jam 16.00. Kadang di pool Mampang (depan Trans Tv) bisa lebih sore, jam 17.00an.
      Kalo beberapa titik keberangkatan Santoso di Jakarta, seperti Kebon Nanas, Pakulonan, Pasar Baru, Pluit(wilayah Tangerang), Terminal Lebak Bulus, Terminal Pulogadung, Pool Mampang, dll.

      Suka

  9. wah langganan saya dan keluarga saya mas.
    sejak tahun 1996 sampai sekarang
    jangan lupa kalau mengumpulkan 10 tiket Santoso selama 1 tahun, dan untuk seri bis yang sama, bisa ditukarkan dengan 1 tiket gratis seri yang sama pula mas 😀 hanya berlaku di konter magelang saja tapi..

    ohya saya sudah pernah menikmati fasilitas televisi nya yg di dalam bus mas :p

    Suka

    • sang nanang berkata:

      wah cerita suka-duka dan lucu-lucuan bersama Santoso sudah banyak juga, termasuk pernah roda bis hilang mur-bautnya shg harus dilas pelegnya…tetapi tv di Santoso belum pernah turut nonton je

      Suka

  10. Adhi TOP berkata:

    Bulan kemarin abis mudik ke Temanggung, balik lagi naik Santoso seri V2, jelek banget bus nya, TV ngga nyala, musik apalagi, cuma AC-nya dingin karena ga dikasih selimut padahal kelas VIP (katanya)…. tapi yang penting ngebut jadi masih pagi nyampe Merak

    Suka

  11. Nani berkata:

    kl jakarta temanggung ada gak ya dan brpa tarifnya??

    Suka

    • sang nanang berkata:

      dari Temanggung bisa naik di beberapa agen, seperti Pasar Kranggan, Terminal Temanggung, depan RSU Ngudi Waluyo Parakan, dan Terminal Ngadirejo
      kalo tarif berkisar Rp 135-180 ribuan.

      Suka

  12. Nona berkata:

    kl jur jakarta temanggung atw magelang brp tarifnya??

    Suka

  13. Gak perlu ,, rubah bodi ,, yang penting mesin jos ,, daan Kenceng ,, ples tempat duduk jos ,,

    Suka

  14. model bus nya tetep seperti itu saja ,, klasik ,,

    Suka

  15. kardo kardono berkata:

    mas ada tidak yang keberangkatannya malam, jam 20.00 wib dari tangerang

    Suka

    • sang nanang berkata:

      Bis Santoso biasa berangkat sekitar jam 16.00, tidak ada yang berangkat malam mas. Dari Tangerang biasanya seri O, L, atau N.

      Suka

  16. Wiforis berkata:

    Mau tanya mas, kami dari cibubur mau ke ngasem magelang, bisa berangkat pagi atau malam… ? kalau nyampe malam, apakah bisa nunggu di pool menjelang pagi? Thx..

    Suka

  17. Wiforis berkata:

    Maksudnya berangkat sore

    Suka

    • sang nanang berkata:

      Bis Santosa merupakan armada bus malam, jadi layanan jasa transportasinya khusus berangkat siang-sore hari dan sampai di tujuan biasanya pagi hari. Utk tujuan Ngasem dari Cibubur dapat naik di Terminal Kampung Rambutan antara jam 15-16 dan biasanya masuk Magelang dinihari hingga Subuh.

      Suka

  18. rani berkata:

    Klo dari bogor ke temanggung jadwal brgkt nya jam brp y??
    Mhn dibls gpl

    Suka

  19. jik berkata:

    akeh sing bodol bise, njerone ra resik

    Suka

    • sang nanang berkata:

      Betul Mas Jik, makanya keluhan-keluhan dan masukan berharga dari para penumpang serta pelanggan setia Santoso harus terus disuarakan agar ada pembaruan armada dan peningkatan pelayanan

      Suka

  20. sunu berkata:

    mas, aku wong tangerang tapi mau naiknya dari magelang. jam berapa santosa berangkat dari magelang dan dimana kumpulnya ya? adakah yang sampai tangerang atau kutabumi?
    oya bisakah pesan dari tangerang untuk perjalanan magelang-tangerang?

    Suka

    • sang nanang berkata:

      kalo dari Kota Magelangnya biasanya berangkat dari pool garasi Santosa Jln Soekarno-Hatta jam 17.00, bisa juga berangkat dari Terminal Tidar

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s